Minggu, 27 November 2011

ULANGAN HARIAN 3

Daftar Kompetensi Dasar Yang Terpilih Serta Jumlah Soalnya
Kompetensi Dasar Jumlah Soal
1.3 Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat. 25
Total 25



























ULANGAN HARIAN 3
TAHUN PELAJARAN 2011/2012



-


________________________________________
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial Nama : ..............................
Hari / Tanggal : Rabu, 21 September 2011 Kelas : 4 ( Empat )
Waktu : 90 menit Semester : I ( Satu )
________________________________________


I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
1. Perdagangan ikan bandeng dan udang terdapat di daerah ....
a. pantai dan muara
b. perindustrian
c. pegunungan
d. perkotaan

2. Usaha yang melakukan kegiatan membuat anyaman, mebel dan batik disebut kegiatan ...
a. pertambangan
b. perdagangan
c. peternakan
d. perindustrian

3. Kegiatan jual beli barang antar penghasil barang dengan pembeli dinamakan ....
a. Industri
b. produksi
c. perdagangan
d. peternakan

4. Tebu, lada, dan pala adalah adalah hasil dari ....
a. pertanian
b. kehutanan
c. perkebunan
d. peternakan

5. Gula merah terbuat dari ....
a. kina
b. rosella
c. tebu
d. nira

6. Hutan yang boleh diambil hasilnya adalah ....
a. hutan lindung
b. hutan safari
c. hutan produksi
d. hutan rimba

7. Hasil perkebunan yang digunakan untuk bahan baku membuat gula merah adalah ....
a. kina
b. rosella
c. kelapa
d. tebu

8. Barang-barang hasil ekonomi yang dijual ke luar negeri disebut ....
a. industri
b. transportasi
c. ekspor
d. impor

9. Tempat yang dikunjungi untuk kegiatan wisata atau tamasya dinamakan ....
a. pariwisata
b. wisatawan
c. obyek wisata
d. tamasya

10. Salah satu mata pencaharian masyarakat di daerah kota adalah ....
a. petani
b. pedagang
c. karyawan swasta
d. nelayan


II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Aspal, batu bara, minyak bumi dan gas bumi merupakan bahan tambang ....

2. Impor adalah kegiatan mendatangkan barang-barang ....

3. Air dan udara termasuk sumber daya alam ....

4. Usaha yang mengambil sumber daya alam yang berada di perut bumi dinamakan ....

5. Kelapa sawit merupakan bahan baku ....

6. Usaha mengganti minyak tanah dengan gas merupakan upaya ....

7. Supaya sumber daya alam tidak cepat habis, maka kita harus ... pemakaiannya.

8. Hasil hutan yang banyak dimanfaatkan adalah ....

9. Emas pada umumnya dimanfaatkan sebagai ....

10. Usaha untuk mengambil dan memanfaatkan sumber daya alam dari perut bumi disebut usaha ....


III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas !
1. Sebutkan minimal 4 daerah tambang bijih besi di Indonesia!

2. Sebutkan tiga contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui!

3. Sebutkan 3 faktor yang mrnyendukung perkembangan pertanian di Indonesia!

4. Apakah yang dimaksud sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan berikan contohnya!

5. Sebutkan empat contoh hewan yang diternakkan!




















Jawaban & Pembahasan :


I. Pilihan Ganda
1. Jawaban: a
Hasil kekayaan alam seperti udang, ikan bandeng, belut berada di daerah pantai dan muara.

2. Jawaban: d
Usaha yang melakukan kegiatan membuat anyaman, mebel dan batik disebut kegiatan perindustrian.

3. Jawaban: c
Kegiatan jual beli barang antar penghasil barang dengan pembeli dinamakan perdagangan.

4. Jawaban: c
Tebu, lada, dan pala adalah adalah hasil dari perkebunan.

5. Jawaban: d
Gula merah terbuat dari nira. Nira adalah cairan yang diperoleh dari tumbuhan yang mengandung gula pada konsentrasi 7,5 sampai 20,0 %. Untuk memperolehnya didapat dengan memotong bunga betina yang belum matang, dari ujung bekas potongan tersebut akan menetes cairan nira yang mengandung gula. Nira dapat dipanaskan untuk menguapkan airnya sehingga konsentrasi gula meningkat dan kental. Bila didinginkan, cairan ini akan mengeras yang disebut Gula Kelapa/gula Jawa.

6. Jawaban: c
Hutan yang boleh diambil hasilnya adalah hutan produksi.

7. Jawaban: c
Hasil perkebunan yang digunakan untuk bahan baku membuat gula merah adalah kelapa.

8. Jawaban: c
Menjual barang ke luar negeri disebut ekspor.

9. Jawaban: c
Tempat yang dikunjungi untuk kegiatan wisata atau tamasya dinamakan obyek wisata. Misalnya obyek wisata Pantai Parangtritis terletak di Yogyakarta. Pariwisata adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan tamasya atau wisata. Wisatawan adalah orang yang mengunjungi tempat/obyek wisata.

10. Jawaban: c
Karena daerah perkotaan lebih maju, mata pencaharian lebih beragam dan mengikuti keadaan kota misalnya adanya pabrik maka kebanyakan warga kota bekerja sebagai karyawan swasta, wiraswasta, pegawai negeri, TNI/ Polri.


II. Isian
1. Organik

2. Dari luar negeri ke dalam negeri

3. yang dapat diperbaharui

4. Usaha pertambangan/tambang

5. Minyak goreng

6. Upaya pelestarian sumber daya alam.

7. Irit/hemat

8. kayu

9. Perhiasan

10. pertambangan


III. Uraian/Essay
1. Tambang bijih besi terdapat di :
• Cilacap (pasir besi) : Jawa Tengah
• Cilegon : Banten
• Gunung Tegak : Lampung
• Lengkabana : Sulawesi Tengah.
• Longkana : Sulawesi Tengah.
• Pegunungan Verbeek : Sulawesi Tengah.
• Pulau Demawan : Kalimantan Selatan.
• Pulau Sebuku : Kalimantan Selatan.
• Pulau Suwang : Kalimantan Selatan.

2. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui yaitu tanah,tumbuhan, hewan, air, udara, sinar matahari, angin dan gelombang laut.

3. Faktor yang mendukung perkembangan pertanian di Indonesia antara lain:
a. Tanahnya luas dan subur.
b. Beriklim tropis san banyak curah hujannya.
c. Wilayah lautnya luas.
d. Populasi hewan dan tumbuhan banyak jenisnya.

4. SDA yang tidak dapat diperbaharui adalah SDA yang dapat habis, contoh : Bahan tambang mineral logam (bijih besi, bijih nikel, bijih emas, bijih tembaga, bijih timah dan bijih bauksit), bahan tambang bukan mineral (batu kapur, belerang, pasir, kaolin, asbes, mika, intan, tanah liae dan intan) serta bahan tambng sumber energi.

5. ternak sapi, ternak kerbau, ternak kuda, ternak babi, ternak kelinci, ternak ayam, ternak itik












Daftar Kompetensi Dasar Yang Terpilih Serta Jumlah Soalnya
Kompetensi Dasar Jumlah Soal
3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas. 18
3.2 Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca. 18
Total 36


























ULANGAN HARIAN 3
TAHUN PELAJARAN 2011/2012



-


________________________________________
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Nama : ..............................
Hari / Tanggal : Selasa, 4 Oktober 2011 Kelas : 4 ( Empat )
Waktu : 90 menit Semester : I ( Satu )
________________________________________


I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
1. Penyerahan bantuan alat-alat sekolah kepada 10 sekolah dasar dilaksanakan di SD Api-Api Kecamatan Lemahwungkuk. Acara tersebut dihadiri asisten pembangunan, Drs. H. Arman Surahman, M.Si. Kepala SD Api-Api, Neneng Hasnah, menyambut dengan baik bantuan-bantuan alat sekolah bagi siswa-siswinya. Neneng Hasnah berharap untuk tetap berlanjut menyalurkan bantuan.

Pikiran pokok paragraf di atas adalah ....
a. Penyerahan bantuan alat-alat sekolah kepada 10 sekolah dasar di Kecamatan Lemahwungkuk.
b. Kepala SD Api-Api, Neneng Hasnah, menyambut dengan baik bantuan-bantuan alat sekolah bagi siswa-siswinya.
c. Neneng Hasnah berharap untuk tetap berlanjut menyalurkan bantuan.
d. Penyerahan bantuan alat-alat sekolah kepada SD Api-Api di Kecamatan Lemahwungkuk.

2. 1) Katak bertanduk dari Amazon sangat suka makan. (2) Mereka akan makan hampir semua yang lewat di hadapan mereka di dasar hutan-hutan cekung Amazon. (3) Katak-katak ini dilaporkan telah menyerang penduduk desa: menggigit orang dengan rahangnya yang lebar dan giginya yang tajam. (4) Untuk melindungi kaki dan jari mereka, penduduk desa-desa di sana menggunakan sepatu bot berkulit khusus.
Pikiran pokok paragraf tersebut adalah ....
a. Untuk melindungi kaki dan jari mereka, penduduk desa-desa di sana menggunakan sepatu bot berkulit khusus.
b. Mereka akan makan hampir semua yang lewat di hadapan mereka di dasar hutan-hutan cekung Amazon.
c. Katak bertanduk dari Amazon sangat suka makan.
d. Katak-katak ini dilaporkan telah menyerang penduduk desa: menggigit orang dengan rahangnya yang lebar dan giginya yang tajam.

3. Tanah di daerah itu tandus sehingga tidak baik untuk bercocok tanam.
Sinoni kata tandus adalah ....
a. subur
b. kemarau
c. basah
d. gersang

4. Jeruk nipis mulai populer sebagai salah satu jenis buah tropis yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Pasaran buah jeruk nipis telah menembus perdagangan antarnegara, termasuk jeruk nipis tanpa biji. Beberapa petani di berbagai daerah telah beranjak mengebunkan jeruk nipis dalam skala usaha lebih luas dan intensif. Bagi peminat bisnis tani jeruk nipis yang tidak memiliki lahan cukup luas, dapat mempertimbangkan penanaman dalam pot.
Pikiran pokok paragraf tersebut adalah ....
a. Jeruk nipis mempunyai nilai ekonomi tinggi.
b. Pasaran buah jeruk nipis telah menembus perdagangan antarnegara.
c. Penanaman jeruk dalam pot.
d. Mengebunkan jeruk nipis dalam skala usaha lebih luas dan intensif.

5. Menjaga kebersihan adalah kewajiban setiap orang. Sekarang ini banyak orang yang kurang sadar akan pentingnya menjaga kebersihan. Di beberapa tempat umum, seperti di jalan raya sering dijumpai banyak sampah yang berserakan. Mereka membuang sampah sembarangan.
Kalimat utama pada paragraf di atas adalah ....
a. Banyak orang kurang sadar akan pentingnya kebersihan.
b. Menjaga kebersihan adalah kewajiban setiap orang.
c. Di beberapa tempat umum banyak sampah berserakan.
d. Mereka membuang sampah sering seenaknya saja.

6. Sebutkan amanat dalam cerita tersebut!
Sinonim kata amanat adalah ....
a. pesan
b. tokoh
c. latar
d. tema

7. Anto selalu saja berjanji dan berjanji. Ia berjanji tidak akan nakal, tetapi kenyataannya ia tetap saja nakal. Ia berjanji akan bangun pagi, tetapi kenyataannya ia masih bangun siang. Ia selalu mengingkari janji.
Kalimat ia selalu mengingkari janji memiliki maksud ....
a. Anto menaati janji.
b. Anto selalu melanggar janji.
c. Anto tidak melakukan janji.
d. Anto lupa melakukan janji.

8. Anak-anak 6–12 tahun 1–2 sendok teh per hari
Arti petunjuk penggunaan dosis obat pada keterangan di atas adalah ....
a. Satu sendok teh diminum dalam dua hari.
b. Dua sendok teh diminum dalam satu hari.
c. Satu sampai dua sendok teh diminum dalam satu hari.
d. Satu sampai dua sendok teh diminum dalam dua hari.

9. Petunjuk Pemakaian Obat
Usia 1–5 tahun 3 × 1/4 sendok per hari
Usia 6–10 tahun 3 × 1/2 sendok per hari
Usia lebih dari 11 tahun 3 × 1 sendok per hari
Jika usia Adi 4 tahun, indikasi yang digunakan adalah ....
a. 3 hari sekali × 1/4 sendok
b. 3 × 1/4 sendok per hari
c. 3 × 1/2 sendok per hari
d. 3 × 1 sendok per hari

10. Anak di bawah 2 tahun setengah sendok teh 3xsehari
Anak di atas 2–6 tahun satu sendok teh 3xsehari
Anak di atas 6 tahun satu sendok makan 3xsehari
Arti petunjuk penggunaan obat di atas adalah ....
a. Anak-anak boleh menggunakan obat ini sehari tiga kali.
b. Obat ini diminum tiga kali sehari menurut aturan umur.
c. Anak-anak di bawah dua tahun tidak boleh minum obat.
d. Semua anak minum obat ini satu sendok tiga kali.

11. Teteskan dua kali pada mata yang sakit. Kedip-kedipkan mata agar tetesan obat cepat menyebar sehingga mempercepat penyembuhan. Gunakanlah obat tetes tersebut pada pagi hari dan menjelang tidur malam. Penjelasan tersebut merupakan petunjuk pemakaian ....
a. obat oles mata
b. obat tetes mata
c. obat nyeri kepala
d. obat penyakit kulit

12. Pada kemasan obat terdapat tulisan berikut.
Kedaluwarsa : 05/2012
Arti tulisan tersebut adalah ....
a. Obat dibuat pada bulan 5 tahun 2012.
b. Obat baru dapat digunakan bulan 5 tahun 2012.
c. Obat sebaiknya digunakan sebelum tanggal 5 tahun 2012.
d. Obat tidak dapat digunakan setelah bulan 5 tahun 2012.

13. Minumlah obat ini sehari 3 × 1/2 sesudah makan.
Yang tidak berkaitan dengan petunjuk pemakaian obat di atas adalah ....
a. 3 kali
b. 1/2 kali
c. sekali minum 1/2
d. pagi, siang, dan sore

14. Coba kamu perhatikan petunjuk pemakaian obat untuk Sinta berikut ini.
1) Obat diminum 3 kali sehari.
2) Obat diminum setelah makan.
3) Minum obat dengan duduk tenang.
4) Harus dengan resep dokter.
Pernyataan yang sesuai dengan isi petunjuk pemakaian obat di atas adalah ....
a. Sebelum minum obat, kita harus minum air putih terlebih dahulu.
b. Dilarang keras minum obat sambil berdiri.
c. Sebelum makan dilarang minum obat tersebut.
d. Obat harus disimpan di tempat yang sejuk.

15. Berikut yang bukan merupakan petunjuk membuat agar-agar adalah ....
a. Siapkan 800 cc air.
b. Masukkan satu bungkus agar-agar.
c. Masukkan 100 gram gula pasir.
d. Masukkan es batu secukupnya.


II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. (1) Hampir semua daerah di Indonesia memiliki suling. (2) Alat ini dibuat dari bambu kecil dan berlubang-lubang. (3) Cara memainkannya dengan ditiup. (4) Di Jawa dinamai suling. (5) Di Sumatra Barat dinamai saluang. (6) Di Sumatra Utara dinamai serunai.
Pikiran pokok paragraf di atas terletak pada kalimat nomor ...


2. Pada umumnya, pikiran pokok dijelaskan di dalam ....


3. Paragraf yang baik hanya memiliki ... kalimat utama.


4. (1) Orang sukses adalah mereka-mereka yang tidak mau duduk-duduk saja, selalu berusaha, tidak mengeluh, dan tidak berangan-angan segalanya akan berubah. (2) Mereka tidak mengeluhkan nasib mereka ataupun dengan pasif memimpikan datangnya kapal dari jauh. (3) Melainkan mereka visualisasikan dalam benak mereka bahwa mereka pantang menyerah. (4) Mereka takkan membiarkan keadaan-keadaan dalam kehidupan mereka menjatuhkan mereka.
Gagasan utama paragraf di atas ditunjukkan oleh kalimat nomor ....


5. (1) Karena uang logam dan uang kertas cukup merepotkan bila dipakai untuk belanja banyak barang, diciptakanlah uang plastik. (2) Bukan uang yang terbuat dari plastik, lho! (3) Uang plastik adalah istilah atau sebutan untuk kartu debet, kartu ATM, dan kartu kredit. (4) Kita sering melihat orang membayar dengan kartu yang digesek di mesin kasir? (5) Nah itulah penggunaan uang plastik.
Kalimat utama pada paragraf di atas terletak pada kalimat nomor ....



Perhatikan petunjuk pemakaian obat tetes mata berikut!
1. Teteskan 1–2 tetes pada setiap mata
2. Teteskan sebanyak 2–3 kali sehari
3. Setelah dipakai, tutuplah rapat dan disimpan di tempat yang sejuk

6 Berdasarkan petunjuk tersebut, dalam sehari kita dapat menggunakan tetes mata sebanyak ....

7 Setiap mata ditetesi sebanyak ....


Perhatikan petunjuk pemakaian obat berikut ini!
CARA PEMAKAIAN :
Oleskan krim ini secukupnya pada daerah kulit sakit 2-3 kali sehari. Dapat juga digunakan sebagai pengobatan lanjutan untuk mencegah berjangkitnya kembali penyakit jamur pada kulit/lipatan-lipatan kulit. Perkembangan positif dengan hilangnya rasa gatal biasanya terjadi dalam minggu pertama pengobatan. Jika tidak memperlihatkan perkembangan positif setelah 4 minggu maka diagnosis harus diulang.
8 Arti kata diagnosis dalam KBBI adalah ....

9 Rasa gatal biasanya akan hilang dalam ....

10 Diagnosis harus diulang jika setelah ... minggu penyakit tidak sembuh.

11 Obat tersebut dipakai sebanyak ....

12 Obat tersebut untuk mengobati ....


III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas !

Perda Larangan Merokok Belum Efektif
Salah satu upaya untuk mendukung lingkungan yang bersih dan menghindari bahaya asap rokok adalah dengan peraturan yang melarang orang merokok di tempat umum. Beberapa daerah sudah mempunyai peraturan daerah (perda) yang melarang masyarakat merokok di tempat umum.
Namun memang harus diakui efektivitas perda ini belumlah baik. Kita masih menyaksikan di tempat umum, baik gedung tertutup, kendaraan umum, apalagi di tempat terbuka, banyak orang yang dengan leluasa merokok dan tanpa disadari mereka juga menghasilkan asap rokok yang berisiko bagi kesehatan orang lain.

1 Apakah upaya pemerintah untuk mendukung lingkungan bersih dan menghindari bahaya asap rokok?

2 Apakah kepanjangan dari perda?

3 Mengapa efektivitas perda larangan merokok dikatakan belum baik?

4 Tentukan pikiran pokok paragraf 1!

5 Tentukan pikiran pokok paragraf 2!

6. Hama adalah penyakit yang menyerang tanaman. Hama dapat menyerang berbagai tanaman, seperti padi, ubi, cabai, tomat, wortel, dan mangga. Tanaman yang terserang hama bisa mati atau gagal panen.
Apakah pikiran pokok paragraf di atas?


7.


Jelaskan secara terperinci cara penggunaan obat sesuai gambar tersebut!


8. Aturan Pemakaian:
Dewasa : 3x1 hari 1 sendok teh
Anak-anak : 3x1 hari 1/2 sendok teh
Kocok sebelum minum
Jelaskan aturan pemakaian obat di atas!


9. Pada kemasan obat terdapat tulisan "obat luar". apa maksud tulisan tersebut?




















Jawaban & Pembahasan :


I. Pilihan Ganda
1. Jawaban: a
Pikiran pokok sebuah paragraf dapat ditemukan dalam kalimat utamanya.

2. Jawaban: c
Pikiran pokok paragraf dijelaskan di dalam kalimat utama. Pikiran pokok paragraf atau kalimat utama paragraf tersebut adalah "Katak bertanduk dari hutan Amazon sangat suka makan."

3. Jawaban: d
Sinonim adalah kata-kata yang maknanya sama. Sinonim kata tandus adalah gersang.

4. Jawaban: a
Pikiran pokok paragraf dapat ditemukan pada kalimat utamanya. Kalimat utama paragraf di atas yaitu pada kalimat pertama: Jeruk nipis mulai populer sebagai salah satu jenis buah tropis yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Jadi, pikiran pokoknya adalah jeruk nipis memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

5. Jawaban: b
Pikiran pokok paragraf dijelaskan dalam kalimat utama. Kalimat utama paragraf di atas adalah: Menjaga kebersihan adalah kewajiban setiap orang.

6. Jawaban: a
Sinonim adalah kata yang maknanya sama. Sinonim kata amanat adalah pesan.

7. Jawaban: b
Persamaan kata mengingkari janji adalah melanggar janji.

8. Jawaban: c
Anak-anak 6–12 tahun 1–2 sendok teh per hari
artinya: Anak usia 6 sampai dengan 12 tahun minum obat tersebut satu sampai dua sendok teh dalam satu hari.

9. Jawaban: b
Adi berusia 4 tahun, maka indikasi yang digunakan adalah kelompok usia 1-5 tahun yaitu: 3 × 1/4 sendok per hari

10. Jawaban: b
Obat ini diminum tiga kali sehari menurut aturan umur, anak di bawah 2 tahun setiap minum sebanyak setengah sendok teh, anak usia 2-6 tahun setiap minum sebanyak satu sendok teh, anak usia di atas 6 tahun setiap minum sebanyak satu sendok makan.

11. Jawaban: b
Petunjuk tersebut merupakan petunjuk pemakaian obat tetes mata.

12. Jawaban: d
Tulisan tersebut memiliki arti bahwa obat sudah tidak dapat digunakan setelah bulan 9 tahun 2012.

13. Jawaban: b
Maksud petunjuk penggunaan obat tersebuta adalah obat diminum 3 kali sehari setiap minum 1/2 tablet atau 1/2 sendok.

14. Jawaban: c
Menurut petunjuk penggunaan obat di atas, obat diminum setelah makan. Jadi, sebelum makan dilarang minum obat tersebut.

15. Jawaban: d
Ketika memasak agar-agar tidak diperlukan es batu.


II. Isian
1. 1

2. kalimat utama

3. satu

4. satu

5. 1

6. 2–3 kali sehari

7. 1–2 tetes

8. penentuan jenis penyakit dengan cara memeriksa gejala-gejalanya

9. minggu pertama pengobatan

10. empat

11. 2–3 kali sehari

12. penyakit jamur kulit


III. Uraian/Essay
1. Upaya pemerintah untuk mendukung lingkungan bersih dan menghindari bahaya asap rokok yaitu dengan mengeluarkan peraturan yang melarang orang merokok di tempat umum.

2. Kepanjangan perda yaitu peraturan daerah.

3. Efektivitas perda larangan merokok dikatakan belum efektif karena kita masih menyaksikan di tempat umum, baik gedung tertutup, kendaraan umum, apalagi di tempat terbuka, banyak orang yang dengan leluasa merokok.

4. Pikiran pokok paragraf 1 : Salah satu upaya untuk mendukung lingkungan yang bersih dan menghindari bahaya asap rokok adalah dengan peraturan yang melarang orang merokok di tempat umum.

5. Pikiran pokok paragraf 2 : Efektivitas perda belum baik.

6. Hama adalah penyakit yang menyerang tanaman.

7. Penggunaan obat tersebut sekali minum satu bungkus. Dalam sehari minum satu kali sesudah makan.

8. Orang dewasa minum obat tersebut tiga kali dalam sehari, tiap kali minum sebanyak satu sendok teh.
Anak-anak minum obat tersebut tiga kali dalam sehari, tiap kali minum sebanyak setengah sendok teh.
Obat tersebut harus dikocok terlebih dahulu sebelum diminum.

9. Maksud dari tulisan ”untuk obat luar”, yaitu bahwa obat tersebut hanya untuk bagian luar badan. Jadi, bukan untuk diminum.










Daftar Kompetensi Dasar Yang Terpilih Serta Jumlah Soalnya
Kompetensi Dasar Jumlah Soal
2.1 Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan. 10
2.2 Menentukan kelipatan dan faktor bilangan. 9
2.3 Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB). 11
Total 30
























ULANGAN HARIAN 3
TAHUN PELAJARAN 2011/2012



-


________________________________________
Mata Pelajaran : Matematika Nama : ..............................
Hari / Tanggal : Kamis, 6 Oktober 2011 Kelas : 4 ( Empat )
Waktu : 90 menit Semester : I ( Satu )
________________________________________


I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
1. Bilangan-bilangan berikut yang membagi habis bilangan 28 adalah ....
a. 1, 2, 7, 28
b. 1, 2, 7, 14, 28
c. 1, 2, 4, 7, 14, 28
d. 1, 2, 3, 4, 7, 14, 28

2. Bilangan 3, 6, 9, 12, 15, 18, dan 21 merupakan kelipatan dari ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

3. Bilangan 4, 8, 12, 16, dan 20 merupakan kelipatan dari ....
a. 4
b. 3
c. 2
d. 1

4. Bilangan yang mempunyai faktor 9 adalah ....
a. 69
b. 70
c. 72
d. 80

5. Salah satu faktor dari 36 adalah ....
a. 5
b. 7
c. 8
d. 9

6. Faktorisasi prima dari 60 adalah ...
a. 2, 3, 5
b. 2, 3
c. 22 × 3 × 5
d. 22 × 32 × 5

7. Bilangan yang merupakan kelipatan dari 13 adalah ....
a. 26 dan 39
b. 24 dan 39
c. 26 dan 36
d. 24 dan 32

8. Kelipatan dari 8 dan habis dibagi 6 adalah ....
a. 16 dan 24
b. 24 dan 32
c. 24 dan 48
d. 48 dan 56

9. Bilangan berikut yang mempunyai faktor prima 3 dan 7 adalah ....
a. 420
b. 350
c. 250
d. 189

10. 24 × 52 × 7 merupakan faktorisasi prima dari ....
a. 280
b. 2.800
c. 240
d. 2.400

11. Bilangan yang mempunyai faktorisasi prima 33 × 5 × 13 adalah ....
a. 585
b. 405
c. 1.755
d. 2.025

12. FPB dari 15 dan 25 adalah ....
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5

13. Faktorisasi prima dari 525 adalah ....
a. 2 × 32 × 5
b. 32 × 5 × 7
c. 22 × 52 × 7
d. 3 × 52 × 7

14. Bilangan yang mempunyai faktorisasi prima 22 × 5 × 7 adalah ....
a. 70
b. 140
c. 210
d. 280

15. KPK dari 18 dan 24 adalah ....
a. 72
b. 36
c. 12
d. 6


II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Faktor dari 18 adalah ....

2. Faktor prima dari bilangan 150 adalah ....

3. Kelipatan dari 8 yang kurang dari 35 adalah ....

4. Faktor dari 100 adalah ....

5. Faktor dari 95 adalah ....

6. Tentukan tiga bilangan yang merupakan kelipatan persekutuan dari 4 dan 5.

7. Tentukan tiga bilangan yang merupakan kelipatan persekutuan dari 3 dan 4.

8. FPB dari 20 dan 30 adalah ....

9. KPK dari 15 dan 20 adalah ....

10. FPB dari 21 dan 35 adalah ....



III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas !
1. Tentukan faktor-faktor dari bilangan-bilangan berikut.
a. 300
b. 315
c. 630
d. 729

2. Pada lomba karya ilmiah tahun ini terdapat 3 tim yang lolos ke babak final. Tim A terdiri dari 4 anak, tim B terdiri dari 6 anak, dan tim C terdiri dari 3 anak. Setiap anak dalam tim yang menang akan mendapatkan paket alat tulis dalam jumlah yang sama. Tentukan 3 kemungkinan jumlah paket alat tulis yang harus disediakan panitia.

3. Tina mengikuti les matematika setiap 4 hari sekali. Rudi mengikuti les matematika setiap 5 hari sekali. Sedangkan Sinta mengikuti les matematika setiap 3 hari sekali.
a. Setiap berapa hari Tina, Rudi, dan Sinta mengikuti les bersama?
b. Jika mereka bertiga mengikuti les bersama pada tanggal 15 Februari 2011, kapan mereka akan les bersama lagi?

4. Dina membeli 42 baju dan 72 celana. Dina ingin memberikan baju dan celana tersebut pada anak yang kurang mampu. Setiap anak mendapatkan baju dan celana dalam jumlah yang sama.
a. Hitunglah jumlah anak paling banyak yang dapat diberikan baju dan celana.
b. Berapa banyak baju dan celana yang diterima masing-masing anak?

5. Ratnya mempunyai 80 manik-manik berwarna kuning dan 110 manik-manik berwarna hijau. Manik-manik tersebut akan dibuat gelang, dengan setiap gelang mempunyai kombinasi warna yang sama.
a. Berapa banyak gelang paling banyak yang dapat dibuat Ratna?
b. Hitunglah banyak masing-masing manik-manik pada setiap gelang.







Jawaban & Pembahasan :


I. Pilihan Ganda
1. Jawaban: c

Jadi, bilangan-bilangan yang membagi habis bilangan 28 adalah 1, 2, 4, 7, 14, 28.

2. Jawaban: c
3 × 1 = 3
3 × 2 = 6
3 × 3 = 9
3 × 4 = 12
3 × 5 = 15
3 × 6 = 18
3 × 7 = 21
Jadi, bilangan 3, 6, 9, 12, 15, 18, dan 21 merupakan kelipatan dari 3.

3. Jawaban: a
1 × 4 = 4
2 × 4 = 8
3 × 4 = 12
4 × 4 = 16
5 × 4 = 20
Jadi, bilangan 4, 8, 12, 16, dan 20 merupakan kelipatan dari 4.

4. Jawaban: c
72 : 9 = 8
9 membagi habis 72, sehingga 9 merupakan faktor dari 72.
Jadi, bilangan yang mempunyai faktor 9 adalah 72.

5. Jawaban: d

Faktor dari 36 = 1, 2, 3, 4, 6, 9, 12, 18, 36
Jadi, salah satu faktor dari 36 adalah 9.

6. Jawaban: c

Dari pohon faktor diperoleh faktorisasi prima:
60 = 22 × 3 × 5

7. Jawaban: a
Kelipatan dari 13 adalah 13, 26, 39, 52, 65, ...

8. Jawaban: c
8 × 3 = 24 24 : 6 = 4
8 × 6 = 48 48 : 6 = 8
Jadi bilangan yang merupakan kelipatan dari 8 dan habis dibagi 6 adalah 24 dan 48.

9. Jawaban: d

Berdasarkan tabel di atas, bilangan yang memiliki faktor prima 3 dan 7 adalah 189.

10. Jawaban: b
24 × 52 × 7 = 16 × 25 × 7 = 2.800
Jadi, 24 × 52 × 7 merupakan faktorisasi prima dari 2.800.

11. Jawaban: c
33 × 5 × 13 = 27 × 5 × 13 = 1.755
Jadi, 33 × 5 × 13 merupakan faktorisasi prima dari 1.755.

12. Jawaban: d
Faktor dari 15: 1, 3, 5, 15
Faktor dari 25: 1, 5, 25
Faktor persekutuan dari 15 dan 25 adalah 1 dan 5.
FPB dari 15 dan 25 adalah 5.

13. Jawaban: d

Faktorisasi prima dari 525 adalah 3 × 52 × 7.

14. Jawaban: b
22 × 5 × 7 = 4 × 5 × 7 = 140
Jadi, 22 × 5 × 7 merupakan faktorisasi prima dari bilangan 140.

15. Jawaban: a
Kelipatan dari 18 = 18, 36, 54, 72, 90, 108, 126, 144, ...
Kelipatan dari 24 = 24, 48, 72, 96, 120, 144, 168, ...
Kelipatan persekutuan dari 18 dan 24 adalah 72, 144, 216, ...
KPK dari 18 dan 24 adalah 72.


II. Isian
1. 1, 2, 3, 6, 9, dan 18

2. 2, 3, dan 5

3. 8, 16, 24, 32

4. 1, 2, 4, 5, 10, 20, 25, 50, dan 100.

5. 1, 5, 19, dan 95

6. 20, 40, 60

7. 12, 24, 36

8. 10

9. 60

10. 7


III. Uraian/Essay
1. a. 300
300 1 2 3 4 5 6 10 15
300 150 100 75 60 50 30 20

Faktor dari 300 = 1, 2, 3, 4, 5, 6, 10, 15, 20, 30, 50, 60, 75, 100, 150, 300

b. 315
315 1 3 5 9 15
315 105 63 35 21

Faktor dari 315 = 1, 3, 5, 9, 15, 21, 35, 63, 105, 315

c. 630
630 1 2 3 5 6 7 9 10 15 18 21
630 315 210 126 105 90 70 63 42 35 30

Faktor dari 630 = 1, 2, 3, 5, 6, 7, 9, 10, 15, 18, 21, 30, 35, 42, 63, 70, 90, 105, 126, 210, 315, 630

d. 729
729 1 3 9 27
729 243 81 27

Faktor dari 729 = 1, 3, 9, 27, 81, 243, 729

2. Kelipatan dari 4 = 4, 8, 12, 16, 20, ...
Kelipatan dari 6 = 6, 12, 18, 24, 30, 36, ...
Kelipatan dari 3 = 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, ...
kelipatan persekutuan dari 3, 4, dan 6 = 12, 24, 36, 48, ...
Jadi, 3 kemungkinan jumlah paket alat tulis yang harus disediakan panitia adalah 12 buah, 24 buah, atau 36 buah paket.

3. 4 = 22
5 = 5
3 = 3
KPK = 3 × 4 × 5 = 60
a. Jadi, Tina, Rudi, dan Sinta mengikuti les matematika bersama setiap 60 hari.
b. Mereka bertiga mengikuti les matematika bersama 60 hari lagi setelah tanggal 15 Februari 2011, yaitu tanggal 16 April 2011.

4. a. 42 = 2 × 3 × 7
72 = 23 × 32
FPB = 2 × 3 = 6
Dina paling banyak dapat memberikan baju dan celana pada 6 anak.
b. Banyak baju tiap anak = 42 : 6 = 7 helai
Banyak celana tiap anak = 72 : 6 = 12 helai.

5. a. 80 = 24 × 5
110 = 2 × 5 × 11
FPB = 2 × 5 = 10
Banyak gelang yang dapat dibuat Ratna adalah 10 buah.
b. Banyak manik-manik kuning = 80 : 10 = 8 buah
Banyak manik-manik hijau = 110 : 10 = 11 buah







Daftar Kompetensi Dasar Yang Terpilih Serta Jumlah Soalnya
Kompetensi Dasar Jumlah Soal
2.3 Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya. 9
2.4 Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya. 11
3.1 Mengidentifikasi jenis makanan hewan. 10
Total 30

























ULANGAN HARIAN 3
TAHUN PELAJARAN 2011/2012



-


________________________________________
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Nama : ..............................
Hari / Tanggal : Kamis, 6 Oktober 2011 Kelas : 4 ( Empat )
Waktu : 90 menit Semester : I ( Satu )
________________________________________


I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
1. Warna hijau pada daun timbul karena adanya....
a. oksigen
b. karbon dioksida
c. klorofil
d. zat hara

2. Kelompok tumbuhan dengan bentuk tulang daun yang sama adalah....
a. bayam, rambutan, singkong, pepaya
b. rambutan, mangga, singkong, jambu
c. jambu, pepaya, rambutan, nanas
d. pepaya, singkong, kapas, jarak

3. Daun dan daun memiliki bentuk tulang daun....
a. sejajar
b. menyirip
c. menjari
d. melengkung

4. Daun yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan oleh manusia adalah....
a.
b.
c.
d.

5. Tulang daun sejajar ditunjukkan oleh tanaman....
a. kapas
b. jagung
c. singkong
d. alpukat

6. Bunga dikatakan sebagai bunga jantan jika tidak memiliki....
a. benang sari
b. putik
c. kelopak bunga
d. mahkota bunga

7.
Bagian yang diberi tanda lingkaran disebut....
a. kelopak bunga
b. mahkota bunga
c. tangkai bunga
d. benang sari

8.
Bagian bunga yang diberi tanda silang (x) berfungsi untuk....
a. menarik serangga untuk membantu penyerbukan
b. membantu proses pernapasan
c. memasak makanan
d. mempercepat terjadinya pembuahan

9. Bunga yang sering dimanfaatkan sebagai pelengkap upacara adat adalah....
a.
b.
c.
d.

10. Peristiwa jatuhnya benang sari ke atas kepala putik disebut....
a. penempelan
b. perkembangbiakan
c. pembuahan
d. penyerbukan

11. Makanan hewan antara lain berasal dari....
a. tumbuhan
b. hewan
c. tumbuhan dan hewan
d. semua jawaban salah

12. Lebah dan kupu-kupu mencari makanan dengan cara hinggap di....
a. rumput
b. bunga
c. pohon
d. biji-bijian

13. Serangga kecil seperti nyamuk merupakan makanan dari....
a. cicak
b. ulat
c. capung
d. laron

14. Monyet menyukai buah....
a. apel
b. jeruk
c. mangga
d. pisang

15. Jagung, beras, dan kacang-kacangan termasuk makanan jenis....
a. rumput-rumputan
b. daun-daunan
c. biji-bijian
d. buah-buahan


II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Proses tumbuhan membuat makanan di daun disebut peristiwa....

2. Jenis tulang daun pada padi dan jagung adalah....

3. Daun umumnya berwarna hijau karena mengandung....

4. Bagian yang berperan melindungi mahkota bunga saat masih berupa kuncup adalah....

5. Bunga merupakan tempat berlangsungnya peristiwa....

6. Bagian bunga yang berwarna-warni adalah...bunga.

7. Proses perubahan pada bunga akan menghasilkan...dan....

8. Batang bambu muda sangat disukai oleh....

9. Burung kolibri mempunyai paruh yang panjang runcing. Paruh tersebut berguna untuk mengambil makanan yaitu berupa....

10. Jenis-jenis monyet umumnya akan memakan....


III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas !
1. Mengapa daun tanaman pepaya dinamakan daun menjari?

2. Bagian bunga yang manakah yang aling menarik bagi serangga? Mengapa?

3. Mengapa bunga disebut sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan?

4. Mengapa jerapah hanya memakan daun pada bagian atas tanaman?

5. Makanan apakah yang disukai monyet?









Jawaban & Pembahasan :


I. Pilihan Ganda
1. Jawaban: c
Warna hijau pada daun timbul karena adanya zat hijau daun atau klorofil.

2. Jawaban: a
Tumbuhan yang bentuk tulang daunnya menjari adalah tumbuhan pepaya, singkong, kapas, dan advokad.

3. Jawaban: c
Tulang daun pada pepaya dan singkong adalah tulang daun menjari. Tulang daun menjari bentuknya seperti kelima jari manusia.

4. Jawaban: b
Daun yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan oleh manusia adalah daun singkong.

5. Jawaban: b
Daun jagung memiliki tulang daun yang sejajar.

6. Jawaban: b
Putik merupakan alat kelamin betina pada bunga. Bunga yang tidak memiliki putik disebut sebagai bunga jantan.

7. Jawaban: c
Bagian yang diberi tanda adalah tangkai bunga.

8. Jawaban: a
Bagian yang diberi tanda adalah mahkota bunga. Mahkota bunga merupakan bagian bunga yang indah warnanya sehingga berfungsi untuk menarik perhatian serangga. Serangga yang datang akan dapat membantu terjadinya proses penyerbukan.

9. Jawaban: a
Bunga mawar adalah bunga yang biasanya digunakan sebagai pelengkap dalam upacara adat.

10. Jawaban: d
Peristiwa jatuhnya serbuk sari ke atas kepala putik disebut penyerbukan. Sedangkan pembuahan adalah ketika serbuk sari telah berkembang dan melebur dengan sel telur di dalam putik.

11. Jawaban: c
Makanan hewan dapat berasal dari tumbuhan maupun hewan.

12. Jawaban: b
Lebah dan kupu-kupu mencari makanan dengan cara hinggap di bunga karena mereka menghisap sari bunga. Sari bunga disebut juga nektar.

13. Jawaban: a
Cicak suka memakan nyamuk.

14. Jawaban: d
Monyet menyukai buah-buahan. Buah yang sangat disukai monyet adalah buah pisang.

15. Jawaban: c
Jagung, beras, dan kacang-kacangan termasuk makanan jenis biji-bijian.


II. Isian
1. fotosintesis

2. sejajar

3. klorofil atau zat hijau daun

4. kelopak bunga

5. penyerbukan

6. mahkota

7. buah dan biji

8. Panda

9. madu

10. buah-buahan


III. Uraian/Essay
1. Daun tanaman pepaya disebut menjari karena bentuknya seperti jari-jari pada telapak tangan manusia.

2. Bagian bunga yang menarik serangga adalah bagian mahkota bunga. Alasannya karena mahkota bunga mempunyai warna-warna yang mencolok sehingga mudah dikenali serangga.

3. Bunga disebut sebagai alat perkembangbiakan karena pada bunga terdapat alat kelamin tumbuhan. Alat kelamin itu adalah putik sebagai alat kelamin betina dan benang sari sebagai alat kelamin jantan.

4. Leher jerapah sangat panjang, akan lebih mudah untuk makan daun-daun yang berada di puncak pohon.

5. Monyet menyukai buah-buahan terutama pisang.




Daftar Kompetensi Dasar Yang Terpilih Serta Jumlah Soalnya
Kompetensi Dasar Jumlah Soal
2.1 Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi. 25
Total 25



























ULANGAN HARIAN 3
TAHUN PELAJARAN 2011/2012



-


________________________________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Nama : ..............................
Hari / Tanggal : Kamis, 27 Oktober 2011 Kelas : 4 ( Empat )
Waktu : 90 menit Semester : I ( Satu )
________________________________________


I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
1. Secara teknis dalam melaksanakan tugasnya seorang sekretaris DPRD bertanggung jawab kepada ....
a. presiden
b. kepala daerah
c. pimpinan DPRD
d. DPR

2. Sebagai pemimpin daerah, kepala daerah dan wakil kepala daerah mempunyai kewajiban untuk ....
a. meningkatkan kesejahteraan rakyat
b. menyetujui rencana kerja sama internasional
c. menyetujui rencana kerja sama antardaerah
d. membentuk peraturan daerah

3. Unsur pelaksana otonomi daerah adalah ....
a. kepala daerah
b. dinas daerah
c. sekretaris daerah
d. lembaga teknis daerah

4. Ketentuan tentang pemerintah daerah diatur dalam UUD 1945 Pasal ....
a. 15
b. 16
c. 17
d. 18

5. Seorang jaksa mempunyai tugas untuk ....
a. mengadili suatu perkara
b. menjaga keamanan dan ketertiban
c. memimpin pemerintahan kabupaten/kota
d. menuntut suatu perkara

6. Dalam melaksanakan tugasnya, sekretaris daerah bertanggung jawab kepada ....
a. DPRD
b. presiden
c. kepala daerah
d. menteri

7. Unit pelaksana teknis dinas daerah disingkat dengan nama ....
a. UPTDD
b. PUTD
c. UKPP
d. UPTD

8. Kebutuhan akan organisasi perangkat daerah bagi setiap daerah tidak selalu sama, hal tersebut tergantung pada ....
a. kebutuhan masing-masing daerah
b. peraturan daerah
c. instruksi kepala daerah
d. instruksi presiden

9. Unsur berikut harus diperhatikan dalam pembentukan suatu daerah, kecuali ....
a. jumlah penduduk
b. kekayaan daerah
c. sosial politik
d. luas derah

10. Wilayah kota merupakan gabungan dari beberapa wilayah ....
a. provinsi
b. kota
c. kecamatan
d. kelurahan







II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Memimpin dinas daerah adalah kewenangan dari ....

2. Selain sebagai kepala daerah, gubernur juga bertugas sebagai wakil pemerintahan di wilayah ....

3. Kepala pemerintahan di wilayah provinsi yaitu ....

4. Pemerintahan daerah tingkat kabupaten/kota terdiri atas ....

5. Bupati atau wali kota dipilih secara ... oleh rakyat.

6. Dalam satu kali masa jabatan bupati/wali kota menjabat selama ....

7. Kepala daerah dipilih dalam satu pasangan calon yang diusulkan oleh ....

8. Menyelenggarakan tugas kesekretariatan DPRD merupakan tugas dari ....

9. Setiap daerah dipimpin oleh kepala pemerintahan daerah yang disebut ....

10. Polres adalah lembaga kepolisian yang berada di wilayah ....


III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas !
1. Sebutkan tiga hak pemerintah daerah dalam penyelenggaraan otonomi daerah!

2. Mengapa pemerintah daerah membuat peraturan daerah?

3. Asas apa yang digunakan pemerintah untuk menjalankan penyelengaraan pemerintah?

4. Sebutkan provinsi di Indonesia yang memiliki status khusus!

5. Apa yang kamu ketahui tentang wali kota?
































Jawaban & Pembahasan :


I. Pilihan Ganda
1. Jawaban: c
Sekretariat DPRD dipimpin oleh sekretaris DPRD. Sekretaris DPRD diangkat dan diberhentikan oleh kepala daerah dengan persetujuan DPRD. Sekretaris DPRD dalam melaksanakan tugasnya secara teknis operasional berada di bawah dan bertanggung jawab kepada pimpinan DPRD dan secara administratif bertanggung jawab kepada kepala daerah melalui sekretaris daerah.

2. Jawaban: a
Dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, kepala daerah dan wakil kepala daerah mempunyai kewajiban:
• Meningkatkan kesejahteraan rakyat.
• Memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat.
• Melaksanakan kehidupan demokratis.
• Menaati dan menegakkan seluruh peraturan perundang-undangan.

3. Jawaban: b
Dinas daerah merupakan unsur pelaksana otonomi daerah. Dinas daerah dipimpin oleh kepala dinas yang diangkat dan diberhentikan oleh kepala derah dari pegawai negeri sipil yang memenuhi syarat atas usul sekretaris daerah.

4. Jawaban: d
Ketentuan tentang pemerintah daerah diatur dalam UUD 1945 Pasal 18, 18A, dan 18B.

5. Jawaban: d
Kejaksaan negeri dipimpin oleh seorang kepala kejaksaan. Tugas jaksa adalah mewakili negara dalam menuntut suatu perkara.

6. Jawaban: c
Sekretariat daerah dipimpin oleh sekretaris daerah. Sekretaris daerah atau yang sering disebut Sekda mempunyai tugas dan kewajiban membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan mengoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah. Dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, sekretaris daerah bertanggung jawab kepada kepala daerah.

7. Jawaban: d
Dinas daerah merupakan unsur pelaksana otonomi daerah. Untuk melaksanakan kewenangan provinsi di daerah kabupaten/kota, dapat dibentuk unit pelaksana teknis dinas daerah (UPTD) provinsi yang wilayah kerjanya meliputi satu atau beberapa daerah kabupaten/kota. UPTD tersebut merupakan bagian dari dinas daerah provinsi.

8. Jawaban: a
Besarnya organisasi perangkat daerah disusun dengan mempertimbangkan faktor kemampuan keuangan (APBD) dan kebutuhan daerah. Oleh karena itu, kebutuhan akan organisasi perangkat daerah bagi masing-masing daerah tidak senantiasa sama atau seragam.

9. Jawaban: b
Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika akan membentuk suatu daerah. Pertimbangan tersebut meliputi kemampuan ekonomi, potensi daerah, sosial budaya, sosial politik, jumlah penduduk, dan luas daerah.

10. Jawaban: c
Selain kabupaten, bagian lain dari wilayah di bawah provinsi adalah wilayah kota. Sama seperti kabupaten, sebuah kota juga terbagi atas beberapa kecamatan. Sebuah kota dipimpin oleh seorang wali kota.


II. Isian
1. kepala dinas

2. provinsi

3. gubernur

4. pemerintah daerah kabupaten/kota dan DPRD kabupaten/kota

5. langsung

6. 5 tahun

7. partai politik

8. sekretaris DPRD

9. kepala daerah

10. kabupaten


III. Uraian/Essay
1. Hak pemerintah daerah dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah antara lain sebagai berikut.
• Mengatur dan mengurus urusan pemerintahannya.
• Memilih pemimpin daerah.
• Mengelola aparatur daerah.

2. Peraturan daerah dibuat dengan tujuan agar kehidupan di daerah berjalan dengan tertib dan teratur.

3. Negara Republik Indonesia sebagai negara kesatuan menganut asas desentralisasi dalam penyelenggaraan pemerintahan. Desentralisasi adalah pemberian kesempatan dan keleluasaan kepada daerah dari pemerintah pusat untuk menyelenggarakan otonomi daerah.

4. Indonesia terdiri atas 33 provinsi yang masing-masing dikepalai oleh seorang gubernur. Ada empat provinsi yang berstatus khusus yaitu:
• Nanggroe Aceh Darussalam.
• Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
• Daerah Istimewa Yogyakarta.
• Papua.

5. Wali kota merupakan pemimpin pemerintahan di tingkat kota.




Daftar Kompetensi Dasar Yang Terpilih Serta Jumlah Soalnya
Kompetensi Dasar Jumlah Soal
4.1 Menyiapkan permainan alat musik ritmis. 8
4.2 Memainkan alat musik ritmis di depan penonton. 4
5.1 Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah setempat. 7
5.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah setempat. 11
Total 30
























ULANGAN HARIAN3
TAHUN PELAJARAN 2011/2012



-


________________________________________
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Nama : ..............................
Hari / Tanggal : Sabtu, 29 Oktober 2011 Kelas : 4 ( Empat )
Waktu : 90 menit Semester : I ( Satu )
________________________________________


I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
1. Tifa adalah alat musik tradisional dari daerah ...
a. Jawa
b. Sumatera
c. Bali
d. Papua

2. Alat musik ringbell dan rebana termasuk ke dalam jenis alat musik ....
a. ritmis
b. melodis
c. tiup
d. gesek

3. Karya musik dikelompokkan menjadi dua kelompok besar. Yaitu karya musik vokal dan karya musik ....
a. melodis
b. ritmis
c. instrumental
d. ansambel

4. Tifa adalah alat musik ritmis yang dibunyikan dengan cara ....
a. ditiup
b. digesek
c. dipukul
d. dipetik

5. Genderang dipukul dengan ....
a. jari
b. alat pemukul
c. sendok
d. kaki

6. Musik ritmis dapat diperoleh dari benda di lingkungan kita. Salah satu contohnya adalah ....
a. ember
b. gitar
c. rebana
d. drum

7. Orang-orang yang bermain musik di depan penonton disebut ....
a. penari
b. pelukis
c. pemusik
d. pianis

8. Gerakan tari dari Bali lebih banyak menggunakan gerakan ....
a. kepala
b. tangan
c. kaki
d. pundak

9. Gerakan nyekithing dilakukan dengan gerakan ....
a. kaki
b. pundak
c. jari
d. siku

10. Kostum tari Wiranata menggunakan kostum bertema ....
a. lemah lembut
b. gagah perkasa
c. lemah
d. raksasa

11. Tari Baluse dari Sumatera Utara menceritakan tentang ....
a. kegembiraan anak-anak muda pada acara pesta
b. kegagahan seseorang di medan juang
c. penghormatan manusia kepada dewa
d. seorang lelaki yang telah mencapai kesempurnaan

12. Tari Legong adalah tarian yang berasal dari ....
a. Aceh
b. Jakarta
c. Bali
d. Sumatera

13. Gerakan ulap-ulap menirukan gerakan orang ....
a. berdiri
b. berlari
c. berdandan
d. melamun

14. Iringan musik yang dipukul lebih dari 60 hitungan dalam satu menit menghasilkan iringan yang ....
5.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah setempat.
a. cepat
b. lambat
c. lembut
d. tak teratur

15. Salah satu tarian dari Maluku Tenggara adalah tari ....
a. Serampang Dua Belas
b. baluse
c. Tifa
d. Makarena


II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Wayang diiringi oleh musik ....

2. Pementasan alat musik sekolah dilakukan oleh ....

3. Ballada adalah lagu-lagu daerah yang bersuasana ....

4. Tari yang sakral digunakan sebagai ... adat istiadat setempat.

5. Tari Keris dari Bali menggunakan properti ....

6. Tari Bedoyo dilakukan dengan gerak ....

7. Tari Wiranata menggambarkan ... yang gagah perkasa.

8. Tari Mambri dari Papua menggunakan properti berupa ....

9. Menonton tarian atau menarikan tarian membuat hati menjadi ....

10. Gerak tari dari Jawa dan Bali lebih banyak menggunakan gerakan ....


III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas !
1. Bagaimanakah cara memainkan gendang?

2. Jelaskan mengenai alat musik tifa!

3. Sebutkanlah contoh properti tarian yang berbahan kain!

4. Sebutkan dua gerakan tangan dalam menari!

5. Jelaskanlah bagaimana tata rias yang benar pada tarian?

















Jawaban & Pembahasan :


I. Pilihan Ganda
1. Jawaban: d
Tifa adalah alat musik dari daerah papua.

2. Jawaban: a
Alat musik di atas hanya bisa memainkan irama, karenanya termasuk alat musik ritmis.

3. Jawaban: c
Karya musik vokal yaitu mencakup semua keberagaman vokal, sedangkan karya musik instrumental adalah mencakup segala jenis alat musik atau instrumental.

4. Jawaban: c
Tifa berbentuk seperti gendang yang cara memainkannya dengan cara di pukul.

5. Jawaban: b
Genderang adalah alat musik ritmis yang cara memainkannya dengan alat pukul.

6. Jawaban: a
Ember adalah benda yang diperoleh dari kehidupan sehari-hari, sedangkan gitar, rebana, dan drum adalah benda yang diperoleh dari alat musik.

7. Jawaban: c
Pemusik adalah orang yang melakukan kegiatan bermusik.

8. Jawaban: b
Gerakan yang sering ditarikan pada tari daerah Bali adalah gerakan tangan.

9. Jawaban: c
Gerakan nyekithing dilakukan oleh gerakan jari.

10. Jawaban: b
Kostum dan tema tarian adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya saling menentukan. Kostum tari Wiranata yang menggambarkan seorang ksatria yang gagah perkasa digambarkan dengan kostum gagah perkasa.

11. Jawaban: b
a. Tari Rondang Bintan menceritakan kegembiraan anak-anak muda pada acara pesta.
b. Tari Baluse menceritakan tentang kegagahan seseorang di medan juang.
c. Tari Pendet menceritakan tentang penghormatan manusia kepada dewa.
d. Tari bedoyo "Harjuno Wijoyo" menceritakan tentang seorang lelaki yang telah mencapai kesempurnaan.

12. Jawaban: c
Tari Legong adalah tarian yang berasal dari Bali dan berlatar belakang kisah cinta Raja dari Lasem.

13. Jawaban: c
Gerakan di ulap-ulap ini dilakukan seperti sedang berdandan yang dilakukan dengan gerakan tangan di atas pelipis mata, tangan kiri seperti memegang kaca.

14. Jawaban: a
Pukulan alat musik lebih dari 60 hitungan tiap menit menghasilkan tempo yang cepat, sedangkan sebaliknya kurang dari 60 hitungan tiap menit menghasilkan musik yang lambat, meskipun hitungan 60 ketukan lebih musik akan tetap teratur sesuai dengan tujuan musik cepat.

15. Jawaban: c
Tari Tifa adalah tarian dari Maluku Tenggara yang menggambarkan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.


II. Isian
1. gamelan

2. siswa

3. sedih

4. upacara

5. keris

6. lambat

7. ksatria

8. busur dan panah

9. senang

10. tangan


III. Uraian/Essay
1. gendang dimainkan dengan dipukul pada tengah, dan pinggirannya dengan telapak tangan.

2. Tifa dimainkan dengan cara dipukul. Tifa berasal dari Maluku. Alat musik ini digunakan sebagai alat musik pengiring tari tradisional setempat.

3. Properti tarian yang berbahan kain antara lain:
• Selendang,
• Sapu tangan,
• Topi, dan
• Pita.

4. Gerakan tangan dalam menari antara lain:
• Malangkerik,
• Menthang,
• Nggrodha,
• Panggel,
• Nyekithing,
• Baya mangap,
• Nyempurit,
• Ngrayung,
• Naga rangsang, dan
• Ukel.

5. Tata rias yang benar yaitu yang sesuai dengan tema yang ditarikan.

Tidak ada komentar: