Minggu, 27 November 2011

ULANGAN HARIAN 5

Daftar Kompetensi Dasar Yang Terpilih Serta Jumlah Soalnya
Kompetensi Dasar Jumlah Soal
4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang membuat sesuatu. 13
4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu. 10
4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memerhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma). 23
Total 46




























ULANGAN HARIAN 5

TAHUN PELAJARAN 2011/2012

SDN CIPINANG BESAR UTARA 10 PG

KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR - DKI JAKARTA


________________________________________
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Nama : ..............................
Hari / Tanggal : Rabu, 30 Nopember 2011 Kelas : 4 ( Empat )
Waktu : 90 menit Semester : I ( Satu )
________________________________________


I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
1. Kalimat perintah berikut yang benar adalah ....
a. Dari mana saja kamu!
b. Bersihkan halaman rumahmu!
c. Sudah dua hari anak itu tidak pulang!
d. Pak Guru memintaku mengambilkan penggaris panjang.

Petunjuk Pembenihan Gurami
Selama lima hari benih-benih belum membutuhkan makanan tambahan karena masih mengisap kuning telur. Setelah melewati masa tersebut, benih membutuhkan makanan yang harus disuplai dari luar. Oleh karena itu, harus diberi makan infusoria. Jika benih hendak ditebarkan di kolam, kolam harus dikeringkan dan dipupuk dengan pupuk kandang 1 kg/m² terlebih dahulu. Benih dapat ditebarkan setelah kolam menjadi kehijau-hijauan. Benih gurami umur tujuh hari dapat dipasarkan kepada pendeder dengan sistem jual sarang sehingga frekuensi pembenihan dapat ditingkatkan. Padat tebar pendederan 50–100 ekor/m². Meskipun pemeliharaan gurami relatif membutuhkan waktu yang lama, tetapi harga jual yang tinggi tetap akan memberi keuntungan.
2 Bacaan tersebut merupakan petunjuk cara ....
a. membuat kolam
b. budi daya ikan gurami
c. pemeliharaan benih
d. sistem jual sarang

3 Jika benih akan ditebar di kolam, maka kolam harus dikeringkan dan diberi pupuk ....
a. kompos
b. urea
c. kandang
d. alami

4 Yang harus dilakukan terhadap benih yang belum ditebar di kolam adalah ....
a. dineri kuning telur
b. diberi makan infusoria
c. membersihkan kolam terlebih dahulu
d. memberikan air yang cukup

5 Benih dapat ditebar di kolam setelah kolam berwarna ....
a. keruh
b. kecokelat-cokelatan
c. jernih
d. kehijau-hijauan

6 Benih gurami dapat dipasarkan kepada pendeder pada umur ....
a. satu minggu
b. tujuh minggu
c. satu bulan
d. tujuh bulan

7. Petunjuk Membuat Sandwich Selai
1. Iris menjadi empat bagian berbentuk bujur sangkar.
2. Ambil lembar atas roti yang diiris bujur sangkar. Buatlah lubang berbentuk hati pada setiap lembar roti. Kemudian, sisihkan.
3. Ambil lembar bawah roti dan olesi dengan mentega. Kemudian, tambahkan selai yang berbeda pada tiap irisan.
4. Buang bagian pinggir roti dan potong menjadi dua bagian. Kemudian, tangkupkan.
5. Tangkupkan lembar bawah yang telah diolesi selai dengan lembar atas yang berlubang. isi roti akan terlihat dari lubang.
6. Sandwich selai siap disajikan.
Urutan petunjuk membuat sandwich yang tepat adalah ....
a. 1), 2), 3), 4), 5), 6)
b. 2), 3), 1), 4), 5), 6)
c. 4), 1), 2), 3), 5), 6)
d. 4), 5), 1), 2), 3), 6)

8. 1) Semua bumbu dihaluskan dan ditumis.
2) Daging dipotong tipis-tipis.
3) Tusuk dengan tusuk satai.
4) Bakar satainya selama lima menit sambil dibolak-balik.
Petunjuk resep tersebut menjelaskan cara membuat ....
a. bistik
b. satai
c. sosis
d. bakso

9. 1) Kupaslah kulit batang sepanjang ± 15 cm.
2) Ikat kedua ujungnya dengan tali.
3) Basahi tanah dengan air sedikit.
4) Pilihlah batang yang lurus dan segar.
5) Tempelkan tanah yang sudah dibasahi pada batang yang telah dikupas tadi.
6) Tutuplah tempelan tanah tersebut dengan sabut kelapa plastik.
Urutan cara mencangkok yang tepat adalah ....
a. 1) - 3) - 2) - 6) - 5) - 4)
b. 4) - 1) - 3) - 5) - 6) - 2)
c. 3) - 2) - 1) - 4) - 5) - 6)
d. 2) - 3) - 4) - 6) - 5) - 1)

10. Kaktus Bertuah
................................
Yang seorang berbudi baik, Abdullah namanya, dan yang pelit Kohar namanya. Matahari terik memanggang tubuh mereka.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian awal paragraf adalah ....
a. Matahari mulai menampakkan diri di ufuk timur.
b. Alkisah, ada dua pengelana yang melintasi gurun pasir.
c. Dikisahkan ada dua putri yang sedang berkelana.
d. Matahari mulai tenggelam di ufuk barat.

11. Bu Hasan membaringkan tubuhnya di atas balai bambu yang sudah mulai reot dimakan usia. Matanya tak juga mau terpejam. Angannya terbang jauh memikirkan nasib anak semata wayangnya yang mengadu nasib ke ibu kota dengan ijazah STM yang dimiliki. Tanpa disadari Bu Hasan berucap ....
Kalimat yang tepat untuk melanjutkan paragraf di atas adalah ....
a. ”Duh Gusti, kembalikan anakku dalam pelukanku!”
b. ”Duh Gusti, lindungilah anakku dan berikan kemudahan baginya dalam mencari kerja.”
c. ”Duh Gusti, aku tak merestui anakku mencari kerja.”
d. ”Duh Gusti, jangan kau beri kemudahan bagi anakku dalam mencari kerja.”

12. Pagi itu seperti biasanya Tono bangun pukul 5. Tono kemudian membantu menyiapkan dagangan ayahnya. Ayah Tono berjualan mainan di pasar .... Tono selalu terlihat riang gembira. Setelah selesai membantu ayahnya, barulah Tono mandi dan bersiap-siap berangkat sekolah.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi cerita yang rumpang pada paragraf tersebut adalah ....
a. Tono selalu mengeluh kepada ayahnya.
b. Adik Tono juga selalu membantu ayahnya.
c. Meskipun setiap hari melakukannya, namun Tono tidak pernah mengeluh.
d. Tono adalah anak kesayangan ayahnya.

13. ”Ahli gizi berkata, menu makan mesti diatur. Anisa Untuk sarapan sebaiknya jangan menyantap makanan berat. Lambung perlu waktu lama untuk menerima dan mencerna makanan berat. Padahal kalau organ pencernaan bekerja berat, ia akan menyedot energi kita. Organ yang lain dikendurkan kerjanya, termasuk otak kita. Karena banyak organ tubuh yang diistirahatkan, kita jadi mengantuk. Itulah sebabnya, ... , kata Bobi sambil meminum teh manis lagi.”
Kalimat yang tepat untuk melengkapi cerita di atas adalah ....
a. orang yang kelaparan mudah jadi pemarah
b. orang yang tidak sarapan suka pusing
c. orang yang jarang makan badannya kurus
d. orang yang kekenyangan cepat mengantuk

14. .... Ia bosan berkali-kali mendapat kritikan dari adiknya dan nasihat dari ibu. Walaupun Adi mendengarkan, itu hanya masuk telinga kanan dan keluar dari telinga kiri. Ia tidak mau peduli. Baginya yang terpenting bisa makan dengan nyaman.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian awal cerita di atas adalah ....
a. Ibu menggeleng sedih.
b. Di sekolah Adi menggerutu terus.
c. Ibu tersenyum, "Jangan bercanda!"
d. Untuk mengusir sepi, ia meminjam radio Sisi.

15. Hai, Rin! Apa kabar? Nanti hari Minggu, 28 Februari, aku akan berkunjung ke rumah nenekku. Aku berencana mengajakmu supaya suasananya lebih ramai. Tapi aku ragu ....
Kalimat yang tepat untuk melengkapi penggalan surat di atas adalah ....
a. Kamu pasti mau, kan?
b. Orang tuamu pasti tidak mengizinkan.
c. Kamu setuju kan dengan rencanaku?
d. Bagaimana kabar orang tuamu?

16. Isi surat berikut yang menyatakan keinginan adalah ....
a. Kak, terima kasih atas kiriman buku ceritanya, saya sangat senang.
b. Nek, kami sangat senang dengan hadiahnya.
c. Bi, tolong sampaikan salam saya untuk nenek ya!
d. Kak, kalau boleh saya pinjam raketnya, ya!

17. Sekian dulu ya, lain waktu kita sambung lagi.
Penggalan di atas merupakan ... surat.
a. pembuka
b. penutup
c. isi
d. pengantar

18. Aku membeli gunting kertas dan lem.
Kalimat tersebut seharusnya menggunakan tanda baca ....
a. titik (.)
b. koma (,)
c. titik dua (:)
d. tanda titik koma (;)

19. Hani menulis surat untuk temannya.
Salam pembuka yang tepat adalah ....
a. Dengan hormat,
b. Salam sayang,
c. Salam Pramuka
d. Sahabatku yang baik,


II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. (1) Siapkan pot dan tanah secukupnya.
(2) Masukkan tanaman ke dalam pot.
(3) Tambahkan tanah lagi di atasnya dan padatkan dengan tangan.
(4) Masukkan sedikit tanah ke dalam pot.
(5) Beri sedikit air.
Urutan cara menanam tanaman dalam pot yang benar adalah ....


2. Makanlah yang banyak. Setelah itu, bereskan piringmu.
Petunjuk di atas dilakukan setelah ....


3. Alat musik gitar dimainkan dengan cara ....


4. Sudah hampir tiga bulan tidak turun .... Hal ini membuat para ... merasa resah. Mereka kesulitan ... sawahnya karena sumber-sumber air telah mengering.
Kata-kata yang tepat untuk melengkapi cerita rumpang di atas adalah ..., ..., dan ....


5. Bagi siswa yang akan mengikuti ekstrakurikuler tari diharap segera mendaftar.
Kalimat tersebut akan menjadi kalimat efektif dengan menghilangkan kata ....


6. Cerita yang tidak lengkap disebut cerita ....


7. Sekian dulu suratku. aku tunggu balasan darimu.
Kalimat di atas merupakan contoh ... dalam surat.


1 Malang, 2 Mei 2010
2 Sahabatku Fani
di Kediri

3 Assalamualaikum
4 Halo Fani, apa kabar? Sudah lama kita tidak berkirim kabar. Kabarku di sini baik-baik saja, keluargaku juga
sehat. Aku harap keadaanmu dan keluargamu juga sehat.
5 Fan, aku mau kasih kabar gembira nih! Minggu lalu aku menjadi juara II melukis tingkat kabupaten. Aku senang sekali. Aku mendapat
hadiah piagam, tropi dan uang pembinaan.
6 Bagaimana denganmu? Apakah kamu masih sering ikut lomba melukis juga? Kirim kabar ya! Aku tunggu lho!

7 Wassalamualaikum
8 sahabatmu,
Vina

8 Kalimat pembuka surat ditandai oleh nomor ....

9 Salam pembuka ditandai oleh nomor ....

10 Kalimat penutup ditandai oleh nomor ....

11 Salam penutup ditandai oleh nomor ....

12 Alamat surat ditandai dengan nomor ....

13 Surat di atas dikirim oleh ....

14 Yang menerima surat adalah ....

15 Isi surat ditunjukkan oleh nomor ....

16 Surat di atas dibuat di ....

17 Surat di atas termasuk jenis surat ....

18. Surat terdiri atas dua jenis yaitu ... dan ....



III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas !
1. Berikut adalah petunjuk pemakaian blender yang belum benar urutannya:
1) Masukkan bahan ke dalam gelas blender
2) Pasangkan gelas blender dengan mesin
3) Setelah selesai tekan tombol OFF
4) Masukkan steker pada stop kontak
5) Cuci gelas blender terlebih dahulu
6) Tekan tombol ON
7) Tutup gelas blender dengan rapat

Bagaimana urutan yang benar dari pemakaian blender di atas?


2. Lengkapilah cerita rumpang berikut dengan kata-katamu sendiri!
Sekolahku terletak di .... Aku biasa berangkat sekolah dengan .... Aku berangkat sekolah pukul .... Perjalanan dari sekolah ke rumah memakan waktu sekitar ....


3. Aku punya dua celengan. Celengan itu aku buat sendiri. Celengan pertama berbentuk kotak sama sisi. Celengan kedua berbentuk segitiga sama sisi. Celengan kotak bergambar bunga-bunga dan berwarna merah muda. Celengan segitiga bergambar bendera-bendera dari berbagai negara. keduanya aku buat sendiri, dari kardus yang tidak terpakai. Kardus itu aku lem, aku lubangi untuk memasukkan uang, lalu aku bungkus dengan kertas kado. Jadi deh celengan yang indah dan murah meriah.
.....................................................................................................................................Celengan kotak kelak akan kugunakan untuk membeli apa yang aku butuhkan. Sedangkan celengan segitiga kelak akan kugunakan untuk membeli apa yang aku inginkan. Nah teman, itu cerita tentang celenganku.
Lengkapilah cerita di atas!


4. Perbaikilah penulisan kalimat di bawah ini menggunakan ejaan yang tepat!
a. gempa berkekuatan 9,1 skala richter mengguncang jepang pada 11 maret 2011
b. ibu menyuruhku untuk membeli gula jawa
c. kami akan berwisata ke pulau lombok



Yogyakarta, 20 Juni 2010

Untuk sahabatku Fifi
di Jalan Pahlawan 35, Bandung

Salam rindu,
Fi, bagaimana kabarmu? Semoga kamu dalam keadaan baik-baik saja, seperti keadaanku di sini.

Dalam suratmu yang kemarin kamu bilang padaku kalau liburan akhir semester nanti kamu mau liburan ke Yogyakarta kan? Eh kalau kamu besok ke Yogya jangan lupa ya mengunjungi alun-alun selatan, rumahku dekat lho dengan tempat itu. Kalau kamu mampir ke rumahku besok akan kutemani berkunjung ke alun-alun selatan.

Banyak banget permainan seru di sana. Selain itu, kamu juga bisa mencoba mitos (kepercayaan) seru tentang pohon kembar yang tumbuh di tengah alun-alun tersebut.

Ada mitos yang mengatakan apabila kita berhasil berjalan menyebrangi bagian tengah pohon kembar itu dengan mata tertutup, kita bakal beruntung dan bernasib baik. Aku sempat nyobain sih, tapi aku melenceng jauh. Hahahaha… tapi hal tersebut tidak membuat aku jadi merasa bernasib sial. Banyak banget lho orang yang penasaran tentang mitos itu. Tampak dari banyaknya orang yang berusaha menyebrangi pohon kembar itu, bahkan ada yang mengulang berkali-kali karena ingin berhasil menyebranginya.

Selain mencoba mitos itu, ada banyak banget permainan seru di situ. Kamu bisa mencoba sepeda yang pedalnya ada dua, yang tiga juga ada. Ini pada awalnya susah banget dinaikin, soalnya 3 orang yang menaiki sepeda ini kan harus kompak biar sepedanya jalan. Untuk 3 kali putaran kamu hanya perlu bayar sepuluh ribu rupiah. Ada juga ATV, motor beroda 4 mini yang bisa kamu naikin seharga lima ribu rupiah untuk sekali putaran. Ini juga agak sulit awalnya, soalnya harus kuat mengendalikan stirnya. Tapi kalau sudah mencoba pasti bisa deh. Selain itu ada juga sepeda yang tinggi banget, kamu harus loncat kalau mau naik, trus ada motor cross mini, kereta mini, dll. Kalau kamu lapar setelah bermain puas jangan khawatir, ada banyak makanan dijual di sana. Di sepanjang pinggiran alun-alun ada makanan mulai dari bakso sampai nasi goreng.

Bagaimana? Seru kan? Kutunggu kedatanganmu ya...
Sahabatmu,
Rani
5 Kepada siapakah surat itu ditujukan? Tuliskan alamat yang lengkap!

6 Siapa yang menulis surat?

7 Apa isi surat tersebut?

8 Tuliskan kalimat pembuka dan penutup dalam surat di atas!

9 Kapan dan di manakah surat itu ditulis?













Jawaban & Pembahasan :


I. Pilihan Ganda
1. Jawaban: b
Kalimat perintah adalah kalimat yang berisi perintah untuk melakukan sesuatu. Penulisan kalimat perintah diakhiri dengan tanda seru (!)

2. Jawaban: b
Bacaan di atas merupakan petunjuk budidaya gurami.

3. Jawaban: c
Jawaban dapat ditemukan pada kalimat keempat: Jika benih hendak ditebarkan di kolam, kolam harus dikeringkan dan dipupuk dengan pupuk kandang 1 kg/m² terlebih dahulu.

4. Jawaban: b
Sebelum benih ditebar di kolam, gurami harus diberi makan infusoria. Jawaban dapat ditemukan pada kalimat kedua dan ketiga.

5. Jawaban: d
Jawaban dapat ditemukan pada kalimat kelima: Benih dapat ditebarkan setelah kolam menjadi kehijau-hijauan.

6. Jawaban: a
Jawaban dapat ditemukan pada kalimat keenam: Benih gurami umur tujuh hari dapat dipasarkan kepada pendeder dengan sistem jual sarang sehingga frekuensi pembenihan dapat ditingkatkan.
Tujuh hari sama dengan satu minggu.

7. Jawaban: c
Urutan membuat sandwich selai yang tepat adalah 4), 1), 2), 3), 5), 6)
4. Buang bagian pinggir roti dan potong menjadi dua bagian. Kemudian, tangkupkan.
1. Iris menjadi empat bagian berbentuk bujur sangkar.
2. Ambil lembar atas roti yang diiris bujur sangkar. Buatlah lubang berbentuk hati pada setiap lembar roti. Kemudian, sisihkan.
3. Ambil lembar bawah roti dan olesi dengan mentega. Kemudian, tambahkan selai yang berbeda pada tiap irisan.
5. Tangkupkan lembar bawah yang telah diolesi selai dengan lembar atas yang berlubang. isi roti akan terlihat dari lubang.
6. Sandwich selai siap disajikan.

8. Jawaban: b
Petunjuk di atas adalah petunjuk membuat satai.

9. Jawaban: b
Urutan yang tepat cara mencangkok yaitu 4) - 1) - 3) - 5) - 6) - 2)
4) Pilihlah batang yang lurus dan segar.
1) Kupaslah kulit batang sepanjang ± 15 cm.
3) Basahi tanah dengan air sedikit.
5) Tempelkan tanah yang sudah dibasahi pada batang yang telah dikupas tadi.
6) Tutuplah tempelan tanah tersebut dengan sabut kelapa plastik.
2) Ikat kedua ujungnya dengan tali.

10. Jawaban: b
Kalimat yang tepat untuk melengkapi cerita rumpang di atas adalah Alkisah, ada dua pengelana yang melintasi gurun pasir. Kalimat tersebut sesuai dengan cerita atau kalimat selanjutnya.

11. Jawaban: b
Dalam melengkapi cerita rumpang, harus disesuaikan dengan isi cerita atau kalimat sebelum atau sesudahnya.

12. Jawaban: c
Sesuai dengan cerita, Tono membantu ayahnya dengan gembira. Dengan demikian, kalimat yang tepat untuk melengkapi cerita tersebut, yaitu kalimat pada jawaban c.

13. Jawaban: d
Kalimat yang tepat untuk melengkapi cerita di atas adalah: orang yang kekenyangan cepat mengantuk karena sesuai dengan kalimat sebelumnya.

14. Jawaban: b
Kata ia pada cerita di atas mengacu pada Adi. Sehingga kalimat yang tepat untuk melengkapi adalah pada opsi b.

15. Jawaban: b
Kalimat yang tepat untuk melengkapi penggalan surat tersebut adalah kalimat pada pilihan b karena sesuai dengan kalimat sebelumnya.

16. Jawaban: d
Kalimat yang menyatakan keinginan adalah pada pilihan jawaban d: Kak, kalau boleh saya pinjam raketnya, ya! Kalimat tersebut menyatakan keinginan untuk meminjam raket.

17. Jawaban: b
Penutup surat biasanya berisi kalimat berpamitan, misalnya 1) Sampai disini dulu ya, suratku. 2) Sekian dulu suratku, kutunggu balasanmu.

18. Jawaban: b
Kalimat tersebut penulisannya belum tepat. Perbaikannya sebagai berikut:
Aku membeli gunting, kertas, dan lem.

19. Jawaban: d
Dengan hormat adalah salam pembuka untuk surat resmi.
Salam Pramuka digunakan dalam kegiatan Pramuka.
Salam sayang kurang lazim untuk sebagai salam pembuka surat untuk teman.


II. Isian
1. (1) – (4) – (2) – (3) – (5)

2. makan

3. dipetik

4. hujan – petani – mengairi

5. bagi

6. rumpang

7. kalimat penutup

8. 4

9. 3

10. 6

11. 7

12. 2

13. Vina

14. Fani

15. 5

16. Malang

17. pribadi

18. resmi dan tidak resmi/pribadi


III. Uraian/Essay
1. 5) - 2) - 1) - 7) - 4) - 6) -3)

5) Cuci gelas blender terlebih dahulu
2) Pasangkan gelas blender dengan mesin
1) Masukkan bahan ke dalam gelas blender
7) Tutup gelas blender dengan rapat
4) Masukkan steker pada stop kontak
6) Tekan tombol ON
3) Setelah selesai tekan tombol OFF

2. Alternatif jawaban:
Sekolahku terletak di dekat jalan raya. Aku biasa berangkat sekolah dengan naik sepeda. Aku berangkat sekolah pukul 07.30. Perjalanan dari sekolah ke rumah memakan waktu sekitar 10 menit.

3. Setiap hari, aku isi kedua celenganku, dengan uang sakuku. Aku yakin, sedikit demi sedikit tabunganku akan jadi banyak.

4. a. Gempa berkekuatan 9,1 Skala Richter mengguncang Jepang pada 11 Maret 2011.
b. Ibu menyuruhku untuk membeli gula jawa.
c. Kami akan berwisata ke Pulau Lombok.

5. Kepada Fifi di Jalan Pahlawan 35, Bandung

6. Rani

7. Isi surat tersebut menceritakan tentang alun-alun selatan Yogyakarta.

8. Kalimat pembuka: Fi, bagaimana kabarmu? Semoga kamu dalam keadaan baik-baik saja, seperti keadaanku di sini.
Kalimat penutup: Bagaimana? Seru kan? Kutunggu kedatanganmu ya...

9. 20 Juni 2010, di Yogyakarta





Daftar Kompetensi Dasar Yang Terpilih Serta Jumlah Soalnya
Kompetensi Dasar Jumlah Soal
3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, dan berat. 9
3.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitias. 8
4.1 Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga. 7
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga. 6
Total 30


























ULANGAN HARIAN 5

TAHUN PELAJARAN 2011/2012

SDN CIPINANG BESAR UTARA 10 PG

KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR - DKI JAKARTA


________________________________________
Mata Pelajaran : Matematika Nama : ..............................
Hari / Tanggal : Jumat, 2 Desember 2011 Kelas : 4 ( Empat )
Waktu : 90 menit Semester : I ( Satu )
________________________________________


I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
1. Burhan, Cinta, dan Dodit setiap hari minggu selalu pergi bersepeda. Saat berangkat mereka menempuh jarak sejauh 2 km lebih 5 hm dan saat pulang mereka menempuh jarak 1 km lebih 20 dam. Berapa jarak yang ditempuh Burhan, Cinta dan Dodit saat bersepeda?
a. 3.800 dam
b. 3.800 m
c. 3.700 dam
d. 3.700 m

2. Ringgo mengikuti kursus piano dan gitar selama 3 jam. JIka lama Ringgo kursus piano 95 menit, berapa menit waktu yang digunakan Ringgo untuk kursus gitar?
a. 55 menit
b. 65 menit
c. 75 menit
d. 85 menit

3. Sebuah pohon tingginya 8 dam. Kemudian pohon tersebut dipotong 50 dm. Berapa mm tinggi pohon setelah dipotong?
a. 750.000
b. 75.000
c. 7.500
d. 750

4. Panjang sebuah pita setelah dipotong 250 cm. Jika panjang pita yang dipotong 800 mm, berapa dm panjang pita semula?
a. 550
b. 330
c. 55
d. 33

5. Ibu membeli 12 lusin piring. Berapa jumlah piring yang ibu beli?
a. 12 buah
b. 24 buah
c. 112 buah
d. 144 buah

6. Pamanku seorang pedagang kain. Ia mempunyai 50 kodi kain. Hari ini ada pembeli yang membeli kain sebanyak 1 rim. Berapa jumlah kain paman yang belum terjual?
a. 600 helai
b. 650 helai
c. 500 helai
d. 550 helai

7. Fahmi mempunyai 10 lusin kelereng. Setelah dipakai bermain, kelereng Fahmi hilang sebanyak 15 buah. Kemudian ia membeli lagi 2 lusin kelereng. Jumlah kelereng Fahmi sekarang ada ....
a. 130 buah
b. 129 buah
c. 128 buah
d. 127 buah

8. Sebuah kardus berisi 2 gros lebih 1 kodi sabun mandi. Berapa jumlah sabun mandi dalam kardus itu?
a. 288 buah
b. 298 buah
c. 308 buah
d. 318 buah

9. Panjang sisi sebuah jajargenjang adalah 23 cm dan 27 cm. Berapa cm keliling jajargenjang itu?
a. 50
b. 60
c. 100
d. 120

10. Luas segitiga di samping adalah ....
a. 168 cm2
b. 175 cm2
c. 87 cm2
d. 84 cm2

11. Sebuah segitiga panjang ketiga sisinya 5 cm, 8 cm, dan 12 cm. Keliling segitiga tersebut adalah ....
a. 25 cm
b. 35 cm
c. 40 cm
d. 60 cm

12. Suatu jajargenjang panjang sisinya 50 cm dan 71 cm. Keliling jajargenjang itu adalah ....
a. 242 cm
b. 240 cm
c. 121 cm
d. 120 cm

13.
Berapa luas bagian bangun yang di arsir?
a. 260 cm2
b. 180 cm 2
c. 100 cm2
d. 80 cm2

14. Suatu taplak meja berbentuk jajargenjang dengan panjang sisi 138 cm dan 75 cm. Sekeliling taplak dihias dengan pita. Panjang pita tersebut adalah ....
a. 213 cm
b. 426 cm
c. 312 cm
d. 264 cm

15. Eko mendapatkan tugas membuat 2 buah jajargenjang dari kertas karton. Panjang sisi jajargenjang yang pertama 16 cm dan tingginya 9 cm. Panjang sisi jajargenjang yang kedua 25 cm dan tingginya 11 cm. Berapa luas kertas karton yang dibutuhkan Eko?
a. 144 cm2
b. 275 cm2
c. 419 cm2
d. 625 cm2


II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Untuk mengisi bak penampungan air dibutuhkan waktu 12.497 detik. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi bak penampungan air adalah ... jam ... menit ... detik.

2. Sebuah truk mengangkut 8 kuintal kelapa. Truk tersebut mengangkut kelapa sebanyak ... kg.

3. Sebuah truk memuat pasir seberat 1 ton, semen 8 kuintal, dan batu kerakal sebanyak 98 kg. Berat seluruh muatan truk tersebut adalah ... kg.

4. 4 gross + 36 buah = ... lusin.

5. Ibu membeli piring sebanyak 1 gros lebih 1 lusin. Ibu membeli piring sebanyak ... buah.

6. Ibu memiliki 3 kodi kain batik. Kemudian ibu memberikan 17 kain batik kepada bibi. Banyak kain batik ibu sekarang ada ... buah.

7. Sebuah segitiga panjang alasnya 19 dm dan tingginya 80 cm. Luas segitiga tersebut adalah ... cm2

8. Luas suatu jajargenjang 84 cm2 dan panjang alasnya 12 cm. Tinggi jajargenjang tersebut adalah ....

9. Suatu segitiga siku-siku panjang sisi-sisi siku-sikunya 15 cm dan 20 cm. Luas segitiga tersebut adalah ....

10. Keliling segitiga sama sisi yang panjang sisinya 48 cm adalah ....


III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas !
1. Mita akan membuat bunga dari pita. Setiap bunga memerlukan pita sepanjang 1 m lebih 12 cm. Berapa dm panjang pita yang diperlukan Mita untuk membuat 25 buah bunga?

2. Rudi bermain layang-layang selama 1 jam lebih 45 menit. Berapa detik Rudi bermain layang-layang?

3. Doni membeli kertas sebanyak 3 rim. Kertas itu dipakai untuk mengerjakan tugas sekolahnya sebanyak 30 kodi dan diminta adik sebanyak 40 lembar. Berapa sisa kertas yang dibeli Doni?

4. Perhatikan gambar berikut.

a. Hitunglah luas jajargenjang ABCD.
b. Hitunglah luas segitiga ABC.

5. Klara ingin membuat bingkai foto dari kayu berbentuk segitiga sama sisi sebanyak tiga buah. Panjang sisi bingkai foto 21 cm. Harga kayu tiap 1 m nya Rp25.000,00.
a. Berapa panjang kayu yang dibutuhkan Klara?
b. Berapa biaya yang dibutuhkan Klara?









Jawaban & Pembahasan :


I. Pilihan Ganda
1. Jawaban: d
2 km = 2 × 1.000 m = 2.000 m
5 hm = 5 × 100 m = 500 m
Jarak saat berangkat = 2.000 + 500 = 2.500 m

1 km = 1 × 1.000 m = 1.000 m
20 dam = 20 × 10 dam = 200 dam
Jarak saat pulang = 1.000 + 200 = 1.200 m

Jarak tempuh = 2.500 + 1.200 = 3.700 m
Jadi, jarak yang ditempuh saat bersepeda adalah 3.700 m.

2. Jawaban: d

Jadi, Ringgi kursus gitar selama 85 menit.

3. Jawaban: b

Jadi, tinggi pohon setelah ditebang adalah 75.000 mm.

4. Jawaban: d

Jadi, panjang pita semula adalah 33 dm.

5. Jawaban: d
12 lusin = 12 × 12 buah = 144 buah
Jadi, jumlah piring yang ibu beli adalah 144 buah.

6. Jawaban: c
50 kodi = 50 × 20 helai = 1.000 helai.
1 rim = 500 helai
Kain yang belum terjual = 1.000 - 500 = 500 helai
Jadi, banyak kain paman yang belum terjual ada 500 helai.

7. Jawaban: b

Jadi, jumlah kelereng Fahmi sekarang ada 129 buah.

8. Jawaban: c

Jadi, jumlah sabun mandi dalam kardus adalah 308 buah.

9. Jawaban: c

Jadi, keliling jajargenjang 100 cm.

10. Jawaban: d


Jadi, luas segitiga adalah 84 cm2.

11. Jawaban: a


12. Jawaban: a

Jadi, keliing jajargenjang 242 cm.

13. Jawaban: b



Luas daerah yang diarsir = 260 - 80 = 180 cm2.

14. Jawaban: b

Jadi, panjang pita adalah 426 cm.

15. Jawaban: c

Luas seluruh jajargenjang = 144 cm2 + 275 cm2 = 419 cm2
Jadi, luas kertas karton yang dibutuhkan Eko adalah 419 cm2.



II. Isian
1. 3 jam 28 menit 17 detik

2. 800

3. 1.898

4. 51

5. 1 gros = 144 buah
1 lusin = 12 buah
1 gros + 1 lusin = 144 + 12 buah
= 156 buah.
Jadi, ibu membeli piring sebanyak 156 buah.

6. 43

7. 7.600

8. 7 cm

9. 150 cm2

10. 144 cm


III. Uraian/Essay
1. Panjang pita setiap bunga = 1 m lebih 12 cm = 112 cm.
Panjang pita 25 bunga = 25 × 112 cm = 2.800 cm = 280 dm.
Jadi, panjang pita yang diperlukan Mita untuk membuat 25 buah bunga adalah 280 dm.

2. 1 jam 45 menit = 105 menit
= 105 × 60 detik
= 6.300 detik
Jadi, Rudi bermain layang-layang selama 6.300 detik.

3. 3 rim - 30 kodi - 40 lembar = 1.500 lembar - 600 lembar - 40 lembar = 860 lembar.
Jadi, sisa kertas yang dibeli Doni sebanyak 860 lembar.

4.
a. Luas jajargenjang ABCD = 40 × 12 = 480 cm2
b. Luas segitiga ABC = × luas jajargenjang ABCD
= × 480 cm2
= 240 cm2

5. a. Keliling segitiga sama sisi = 3 × 21 cm = 63 cm.
Kayu yang dibutuhkan Klara = 3 × 63 cm = 189 cm.
b. Harga kayu 1 m = 100 cm adalah Rp25.000,00
Harga kayu 1 cm = Rp25.000,00 : 100 = Rp250,00
Biaya yang dibutuhkan Klara = 189 × Rp250,00 = Rp47.250,00.






















Daftar Kompetensi Dasar Yang Terpilih Serta Jumlah Soalnya
Kompetensi Dasar Jumlah Soal
5.1 Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan "makan dan dimakan" antar makhluk hidup (rantai makanan). 6
5.2 Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya. 6
6.1 Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu. 6
6.2 Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair→padat→cair; cair→gas→cair; padat→gas. 6
6.3 Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya. 6
Total 30















































ULANGAN HARIAN 5

TAHUN PELAJARAN 2011/2012

SDN CIPINANG BESAR UTARA 10 PG

KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR - DKI JAKARTA



________________________________________
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Nama : ..............................
Hari / Tanggal : Kamis, 1 Desember 2011 Kelas : 4 ( Empat )
Waktu : 90 menit Semester : I ( Satu )
________________________________________


I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
1. Benalu adalah jenis tumbuhan....
a. saprofit
b. epifit
c. parasit
d. serofit

2. Yang bukan bentuk dari simbiosis komensalisme adalah....
a. tumbuhan anggrek dan inangnya
b. tumbuhan tali putri dan inangnya
c. tumbuhan pakis dan inangnya
d. tumbuhan sirih dan inangnya

3. Kutu yang hidup di tubuh kerbau menunjukkan hubungan....
a. mutualisme
b. komensalisme
c. amensalisme
d. parasitisme

4. Sampah padat terutama akan mengakibatkan pencemaran....
a. air
b. udara
c. pemukiman
d. tanah

5. Redi ikut ayahnya ke sawah. Dari pengamatannya, Redi menyimpulkan bahwa anggota utama ekosistem sawah adalah....
a. rumput
b. petani
c. padi
d. palawija

6. Kumpulan makhluk hidup dapat dikatakan sebagai komunitas jika berbeda....
a. bentuk
b. jenis
c. ukuran
d. warna

7. Benda yang tidak memanfaatkan prinsip kapilaritas adalah....
a. petromaks
b. kompor minyak tanah
c. lampu teplok
d. senter

8. Permukaan benda cair akan selalu....
a. tenang
b. lurus
c. datar
d. mengalir

9. Bagian benda gas yang dapat berubah adalah....
a. bentuk dan volumenya
b. volume dan beratnya
c. berat dan ukurannya
d. ukuran dan bentuknya

10. Ani menaruh di dalam lemari agar tidak ada kecoak di dalamnya. Setelah beberapa minggu benda yang ditaruh Ani menghilang! Peristiwa apakah yang terjadi?
a. Kapur barus membeku
b. Kapur barus mencair
c. Kapur barus menyublim
d. Kapur barus menguap

11. Penguapan yang bermanfaat bagi manusia antara lain....
a. pembuatan es lilin
b. pengeringan pakaian
c. terjadinya kabut
d. pembuatan ikan asin

12. Salah satu manfaat dari es kering adalah untuk....
a. memanaskan makanan
b. menimbulkan efek asap di panggung pertunjukan
c. menjaga makanan tetap utuh
d. mencegah es krim membeku

13. Kelompok benda yang terbuat dari karet adalah....
a. gelas dan lampu
b. tempat minum dan pot bunga
c. ban sepeda dan sandal jepit
d. bola bekel dan buku

14. Baju yang terbuat dari bahan wol tepat dipakai saat cuaca....
a. dingin
b. panas
c. terik
d. kemarau

15. Teko dapat dibuat dari tanah liat bakar karena tanah liat bakar bersifat....
a. awet
b. kedap air
c. mudah dibentuk
d. harganya murah


II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Manusia adalah...pada suatu rantai makanan.

2. Hubungan timbal balik antar dua makhluk hidup disebut....

3. Ular memakan tikus di sawah, dengan demikian...dapat tumbuh dengan baik.

4. Ulat sering memakan daun-daun di pohon. ...memakan ulat tersebut sehingga daun pada pohon terjaga.

5. Air selalu mengalir menuju tempat yang lebih rendah. Air termasuk benda....

6. Pada larutan kopi, yang dimaksud sebagai benda terlarut adalah....

7. Freezer adalah alat yang dapat membuat air menjadi....

8. Lemak akan berwujud...saat dipanaskan, dan akan menjadi...ketika didinginkan.

9. Semua kertas dapat menyerap air, namun...berbeda-beda.

10. Dinding kamar mandi biasanya ditambahkan...setinggi orang. Tujuannya agar tembok kamar mandi tidak cepat rusak walaupun sering terkena air.


III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas !
1. Mengapa benalu lama-lama akan mematikan tumbuhan inang? Disebut apakah hubungan mereka?

2. Jelaskan hubungan yang terbentuk dalam lingkungan terumbu karang!

3. Benda cair bentuknya tidak tetap, mengapa demikian?

4. Ada titik-titik air di rerumputan pada pagi hari. Peristiwa apa yang terjadi?

5. Sebutkan 2 kekurangan bahan kaca!

























Jawaban & Pembahasan :


I. Pilihan Ganda
1. Jawaban: c
Benalu merupakan tumbuhan parasit. Benalu tumbuh menempel pada tumbuhan lain dan mengisap makanan dari tumbuhan tersebut.

2. Jawaban: b
Tumbuhan tali putri dan inangnya akan menunjukkan hubungan berupa simbiosis parasitisme karena tali putri akan merugikan tumbuhan inangnya.

3. Jawaban: d
Kutu yang hidup di tubuh kerbau menunjukkan hubungan parasitisme. Kutu dapat bertahan hidup tetapi kerbau merasa terganggu.

4. Jawaban: d
Sampah padat terutama akan mencemari tanah (mengakibatkan pencemaran tanah)

5. Jawaban: c
Anggota utama dari ekosistem sawah adalah padi.

6. Jawaban: b
Kumpulan makhluk yang tidak sejenis adalah yang disebut sebagai komunitas.

7. Jawaban: d
Senter tidak menggunakan prinsip kapilaritas.

8. Jawaban: c
Permukaan benda cair akan selalu datar, kecuali jika berada dalam wadah yang sempit. Permukaan benda cair dalam wadah sempit akan menjadi cembung atau cekung.

9. Jawaban: a
Benda gas dapat mengalami perubahan pada bentuk dan volumenya.

10. Jawaban: c
Kapur barus yang diletakkan Ani ke dalam lemari menghilang karena menyublim. Menyublim adalah perubahan wujud benda dari bentuk padat menjadi berbentuk gas. Kapur barus tidak dapat dikatakan mengalami peristiwa menguap. Menguap adalah perubahan wujud benda dari bentuk cair menjadi gas.

11. Jawaban: d
Pembuatan ikan asin memanfaatkan panas dari sinar matahari. Ikan yang awalnya berisi cairan akan menguap cairannya dan menjadi ikan yang kering dan awet.

12. Jawaban: b
Efek asap pada panggung pertunjukan biasanya menggunakan es kering.

13 Jawaban: c
Ban kendaraan dan sandal jepit merupakan benda-benda yang terbuat dari karet.

14. Jawaban: a
Bahan dari wol bersifat menghangatkan. Baju dari bahan wol tepat dikenakan saat cuaca dingin.

15. Jawaban: b
Tanah liat bakar bersifat kedap air.


II. Isian
1. Konsumen

2. Simbiosis

3. Padi

4. Burung

5. Cair

6. Kopi

7. Beku

8. cair, padat

9. kekuatannya

10. Keramik


III. Uraian/Essay
1. Benalu tidak dapat membuat makanan sendiri sehingga mereka mengisap makanan dari tumbuhan inang, lama-lama inang akan mati -> simbiosis parasitisime.

2. Terumbu karang adalah batu-batuan karang yang berada di dalam laut. Terumbu karang merupakan rumah bagi berbagai jenis ikan.

3. Benda cair dapat mengalir mengikuti bentuk wadahnya. Karena itu bentuk benda cair tidak tetap tetapi tergantung wadahnya.

4. Pengembunan, benda gas berubah menjadi benda cair. Uap air mengalami suhu yang dingin di pagi hari sehingga berubah menjadi titik-titik air.

5. Kekurangan bahan kaca antara lain
- dapat pecah
- sukar dipindahkan
- berat




Daftar Kompetensi Dasar Yang Terpilih Serta Jumlah Soalnya
Kompetensi Dasar Jumlah Soal
1.6 Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungannya. 15
1.5 Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjaga kelestariannya. 15
Total 30



























ULANGAN HARIAN 5

TAHUN PELAJARAN 2011/2012

SDN CIPINANG BESAR UTARA 10 PG

KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR - DKI JAKARTA



________________________________________
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial Nama : ..............................
Hari / Tanggal : Rabu, 30 Nopember 2011 Kelas : 4 ( Empat )
Waktu : 90 menit Semester : I ( Satu )
________________________________________


I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
1. Rela berkorban dalam kehidupan sehari-hari adalah sikap ....
a. terpaksa
b. terpuji
c. tercela
d. tersiksa

2. Patriotisme berarti ....
a. setia kawan
b. mau berkorban
c. cinta tanah air
d. berjuang demi kebenaran

3. Pahlawan adalah ....
a. orang yang perkasa dalam membela kebenaran
b. orang yang terkenal
c. pemimpin bangsa
d. manusia berani mati

4. Contoh perilaku seseorang yang menggambarkan rasa cinta tanah air adalah ....
a. mengikuti upacara bendera dengan khidmat
b. pergi ziarah ke makam pahlawan
c. mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah
d. berziarah kemakam ulama yang terkenal

5. Pemimpin rakyat Maluku yang berhasil memukul mundur bangsa Belanda adalah ....
a. Teuku Umar
b. Pangeran Diponegoro
c. Pangeran Antasari
d. Pattimura

6. Bangsa Indonesia berjuang melawan penjajah Belanda, karena penjajah ....
a. tidak sesuai dengan budaya Indonesia
b. membuat rakyat Indonesia miskin
c. persatuan dan kesatuan terganggu
d. merendahkan martabat bangsa

7. Seorang siswa dapat dikatakan sebagai pahlawan di sekolah, misalnya ....
a. memberi jawaban kepada teman pada saat ujian
b. berkelahi melawan musuh
c. membela nama sekolah dalam perlombaan cepat tepat
d. melempari bis kota yang penuh dengan murid sekolah lain

8. Jiwa patriotisme masih diperlukan pada saat ini, tetapi cara perjuangannya berbeda. Perjuangan untuk meningkatkan pendidikan merupakan tugas utama ....
a. relawan
b. guru
c. dokter
d. ahli ekonomi

9. Candi di Jawa Timur yang dibangun pada masa Anusapati adalah ....
a. Candi Jago
b. Candi Kidal
c. Candi Jawi
d. Candi Penataran

10. Pura Besakih dapat kita temui di ....
a. Nusa Tenggara Timur
b. Bromo
c. Prambanan
d. Bali

11. Sendratari Ramayana dipentaskan di pelataran ....
a. Candi Jago
b. Candi Borobudur
c. Candi Prambanan
d. Candi Penataran

12. Di bawah ini yang bukan prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara adalah ....
a. Prasasti Pasir Awi
b. Prasasti Talang Tuo
c. Prasasti Jambu
d. Prasasti Tugu

13. Batu nisan pertama yang ditemukan di Indonesia adalah batu nisan milik ....
a. Fatimah binti Maimun
b. Ali bin Abu Tholib
c. Sultan Malik Al Saleh
d. Sultan Malik Az-Zahir

14. Sebuah keris pusaka berharga sangat mahal, sebab ....
a. terbuat dari emas
b. sakti
c. bertuah
d. bernilai sejarah

15. Kitab Arjunawiwaha adalah sebuah karya sastra sejarah yang dikarang oleh ....
a. Mpu Sendok
b. Mpu Tantular
c. Mpu Prapanca
d. Mpu panuluh


II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Rela berkorban dengan resiko apapun terhadap dirinya berarti mementingkan kepentingan ....

2. Cinta tanah air dapat diwujudkan dengan menggunakan produk ....

3. Jika kita bersalah kepada teman, sikap kita harus minta ....

4. Gambar pahlawan pada uang dua ribu rupiah adalah ....

5. Dengan ikhlas menerima nasihat, saran dan kritik merupakan sikap ....

6. Kitab-kitab Hindu yang berisi catatan sejarah mengenai suatu peristiwa tertentu ditulis di ....

7. Pura Besakih adalah peninggalan sejarah yang berupa ...

8. Keraton Kanoman terdapat di ....

9. Masjid Raya Baiturrahman terletak di ....

10. Candi Mendut terletak di provinsi ....


III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas !
1. Sebutkan 2 contoh sikap cinta tanah air!

2. Siapakah pahlawan yang mendapat gelar proklamator?

3. Apakah nama benteng yang dibangun oleh Belanda di Sumatera Barat?

4. Apakah ciri utama sebuah candi merupakan peninggalan agama Budha?

5. Sebutkan 2 karya sastra pada zaman kerajaan Mataram!























Jawaban & Pembahasan :


I. Pilihan Ganda
1. Jawaban: b
Rela berkorban adalah termasuk perbuatan terpuji. Sikap rela berkorban harus dilandasi rasa ikhlas. Rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

2. Jawaban: c
Patriotisme diambil dari kata patria yang berarti tanah air. Kata patriotisme diartikan sebagai sikap cinta terhadap tanah air atau ketaatan negara.

3. Jawaban: a
Pahlawan adalah orang yang perkasa dan gagah berani dalam membela kebenaran dan keadilan.

4. Jawaban: a
Contoh perilaku seseorang yang menggambarkan rasa cinta tanah air adalah mengikuti upacara bendera dengan khidmat. Kita harus menghormati jasa-jasa para pahlawan dengan mengikuti upacara, kita tinggal menikmati kemerdekaan tanpa harus berjuang sampai titik darah penghabisan.

5. Jawaban: d
Pemimpin rakyat Maluku yang berhasil memukul mundur bangsa Belanda adalah Pattimura.

6. Jawaban: d
Bangsa Belanda yang menjajah Indonesia mengakibatkan reaksi dari rakyat Indonesia untuk melawan penjajah, sebab Belanda merendahkan martabat bangsa.

7. Jawaban: c
Seorang siswa dapat dikatakan sebagai pahlawan di sekolah, misalnya membela nama sekolah dalam perlombaan cepat tepat.

8. Jawaban: b
Jiwa patriotisme masih diperlukan pada saat ini, tetapi cara perjuangannya berbeda. Perjuangan untuk meningkatkan pendidikan merupakan tugas utama guru. Guru berusaha untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, yang menciptakan bibit-bibit generasi muda yang cerdas dan pintar.

9. Jawaban: b
Candi Kidal adalah candi yang dibangun pada masa Anusapati. Candi Jago dibangun pada masa Wisnuwardana, Candi Jawi dibangun pada masa Kertanegara.

10. Jawaban: d
Pura Besakih terdapat di Bali, Pura Besakih merupakan salah satu bentuk peninggalan sejarah dalam bidang agama.

11. Jawaban: c
Sendratari Ramayana dipentaskan di pelataran Candi Prambanan. Sendratari Ramayana menceritakan perjalanan hidup Rama.

12. Jawaban: b
Peninggalan Kerajaan Tarumanegara berupa tujuh buah prasasti yang ditemukan di daerah Jawa Barat, ditulis dengan menggunakan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta. Ketujuh prasasti itu adalah Prasasti Tugu,
Prasasti Jambu, Prasasti Pasir Awi, Prasasti Ciaruteun, Prasasti Kebun Kopi, Prasasti Lebak, dan Prasasti Cianten.

13. Jawaban: a
Batu nisan pertama yang ditemukan di Indonesia adalah batu nisan milik Fatimah binti Maimun. Batu nisan yang bercorak Islam biasanya dihiasi dengan tulisan Arab dalam bentuk Kaligrafi.

14. Jawaban: d
Keris berharga mahal, sebab bernilai sejarah. Kebanyakan keris dipakai oleh orang-orang zaman dahulu.

15. Jawaban: b
Kitab Arjunawiwaha adalah sebuah karya sastra sejarah yang dikarang oleh Mpu Tantular pada zaman Majapahit.


II. Isian
1. bersama atau orang banyak

2. dalam negeri

3. maaf

4. Pangeran Antasari

5. berjiwa besar

6. daun lontar

7. Tempat ibadah

8. Cirebon

9. Banda Aceh (Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam)

10. Jawa Tengah


III. Uraian/Essay
1. a. Mencintai produk dalam negeri.
b. Mempertahankan dan melestarikan budaya bangsa

2. Ir. Soekarno dan Moh. Hatta

3. Benteng Fort de Kock

4. Terdapat patung dan stupa Sang Budha Gautama.

5. a. Kitab Ramayana
b. Kitab Mahabarata





Daftar Kompetensi Dasar Yang Terpilih Serta Jumlah Soalnya
Kompetensi Dasar Jumlah Soal
8.1 Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara. 8
8.2 Membuat karya kerajinan berdasarkan rancangan yang telah dibuat. 8
8.3 Merancang benda dengan teknik konstruksi. 8
8.4 Membuat benda dengan teknik konstruksi. 6
Total 30



















































ULANGAN HARIAN 5

TAHUN PELAJARAN 2011/2012

SDN CIPINANG BESAR UTARA 10 PG

KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR - DKI JAKARTA



________________________________________
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Nama : ..............................
Hari / Tanggal : Sabtu, 10 Desember 2011 Kelas : 4 ( Empat )
Waktu : 90 menit Semester : I ( Satu )
________________________________________


I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
1. Bahan ini digunakan untuk ....
a. menggambar
b. mengukur
c. mewarnai
d. membentuk

2. Karya di samping disebut ....
a. benda konstruksi
b. benda pakai
c. benda hiasan
d. makrame

3. Benda bukan hasil konstruksi adalah ....
a. gedung
b. rumah
c. jembatan
d. air terjun

4. Hiasan bordir umumnya diletakkan pada bahan ....
a. logam
b. kayu
c. kain
d. kertas

5. Teknik mal yaitu membuat ... sebelum menggambar.
a. pola
b. kuas
c. tampon
d. sapuan

6. Balance pada benda konstruksi adalah ....
a. gelap terang
b. keseimbangan
c. warna
d. fungsi

7. Cat air diratakan dengan ....
a. kuas
b. sapu
c. kain
d. busa

8. Motif parang yang adalah motif ....
a. kain tapis
b. kain tenun
c. batik
d. anyaman

9. Orang yang bekerja untuk menghasilkan kerajinan disebut ....
a. pematung
b. pelukis
c. desainer
d. pengrajin

10. Contoh benda yang bukan merupakan benda konstruksi adalah ....
a. rumah
b. pemandangan alam
c. gedung
d. pagar

11. Model bangunan bertingkat pada gambar di samping terdiri dari bangun ...dan....
a. lingkaran dan segi empat
b. segitiga dan balok
c. limas dan balok
d. kubus dan limas

12. Salah satu benda konstruksi berbahan tembok adalah ....
a. rumah
b. miniatur rumah
c. rumah pohon
d. rumah kardus

13. Konstruksi yang ... membuat gedung tidak mudah roboh.
a. kuat
b. lemah
c. luas
d. ringan

14. Origami kertas disamping berbentuk ....
a. pesawat
b. kapal
c. kodok
d. dompet

15. Cara membuat origami di samping membentuk bentuk konstuksi ....
a. rumah
b. mobil
c. kapal
d. burung


II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Meronce dibuat dengan cara ... benda dengan benang.

2. Kerajinan cangkang telur didapat dari mengumpulkan ....

3. Kardus makan memiliki enam ....

4. Gunting digunakan untuk ....

5. Lem kastol berfungsi untuk ....

6. Benda konstruksi mainan digunakan oleh ....

7. Miniatur perahu terinspirasi dari bentuk ....

8. Benda konstruksi yang dipasang di dinding berfungsi sebagai .... dinding.

9. Alat ini berfungsi untuk ....

10. Globe dunia memiliki bentuk ....


III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas !
1. Sebutkan dua ciri benda konstruksi!

2. Sebutkan dua contoh kerajinan tradisional yang memiliki motif hias!

3. Disebut apakah rancangan benda?

4. Jelaskan yang dimaksud teknik konstruksi!

5. Mengapa benda konstruksi mainan dijual untuk anak-anak?













Jawaban & Pembahasan :


I. Pilihan Ganda
1. Jawaban: c
Cat digunakan untuk mewarnai. Warna yang ditujukkan pada gambar berwarna merah, hijau, dan kuning.

2. Jawaban: a
Benda konstruksi adalah rancang bangun buatan manusia.
• Benda pakai adalah benda yag digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
• Benda hiasan adalah segala bentuk benda yang menghias.
• Makrame adalah kerajinan tangan simpul-menyimpul dengan menggunakan berbagai macam benang.

3. Jawaban: d
Benda konstruksi adalah benda hasil rancangan bangun.

4. Jawaban: c
Bordir adalah hiasan yang menggunakan macam-macam tusukan dengan mesin bordir atau mesin jahit.

5. Jawaban: a
Teknik mal untuk mewarnai yaitu menggunakan pola sebelum digambar/disemprotkan pada bahan gambar.

6. Jawaban: b
Balance benda konstruksi adalah keseimbangan benda konstruksi.

7. Jawaban: a
Untuk meratakan cat air sebaiknya menggunakan kuas.

8. Jawaban: c
Motif parang sering dijumpai pada bentuk motif batik. Motif tersebut dapat digunakan sebagai ide dalam mewrnai benda konstruksi.

9. Jawaban: d
Umumnya seseorang yang menghasilkan kerajinan disebut pengrajin. Pematung, pelukis dan desainer dapat disebut pengrajin jika menyelesaikan karya yang berfungsi untuk kerajinan.

10. Jawaban: b
Pemandangan alam seperti sungai, pegunungan, laut bukan merupakan bukan benda konstruksi.

11. Jawaban: c
Bangun di atas disebut limas dan balok, sedangkan bangun dasarnya adalah segitiga dan segi empat.

12. Jawaban: a
Benda konstruksi berbahan tembok dapat membentuk rumah.

13. Jawaban: a
Konstruksi yang kuat membuat gedung kokoh dan tidak mudah roboh.

14. Jawaban: b
Bentuk lipatan kertas atau origami di atas adalah kapal.

15. Jawaban: d
Pola benda konstruksi di atas membentuk benda konstruksi bururng.


II. Isian
1. menumpuk

2. telur

3. sisi

4. menggunting

5. merekatkan

6. anak-anak

7. perahu

8. hiasan

9. mengukur

10. bulat


III. Uraian/Essay
1. Ciri benda konstruksi antara lain:
• Terdiri dari bagian-bagian yang kecil.
• Setiap bagian dapat disambung-sambung.
• Membentuk benda tiga dimensi.

2. Kerajinan tradisional yang memiliki motif hias antara lain:
• Kain batik,
• Kain ulos,
• Kain tapis,
• Motif hias pada patung Asmat, dan
• Motif hias pada Mandau,
• Motif hias pada keris, dll.

3. Rancangan benda disebut pola.

4. Teknik konstruksi adalah karya manusia yang mempunyai bangun.

5. Benda konstruksi mainan dijual untuk anak-anak karena anak-anak menyukai benda berbentuk mainan.

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Comments